Tips Olahraga Jaga Tubuh Tetap Bugar di Bulan Ramadan, dari Bersepeda hingga Pilates
Ilustrasi olahraga. (Freepik)
19:51
17 Maret 2024

Tips Olahraga Jaga Tubuh Tetap Bugar di Bulan Ramadan, dari Bersepeda hingga Pilates

 – Olahraga di bulan ramadan merupakan hal yang wajib lakukan untuk menjaga tubuh untuk tetap bugar, meski sedang menjalankan ibadah puasa ramadan.

Selain membantu tubuh untuk tetap bugar, juga dapat membantu menjaga stamina saat berpuasa dan menjaga tubuh untuk selalu Fit dalam menjalani ibadah puasa.

Olahraga di bulan Ramadan memerlukan strategi dan persiapan, untuk menyiasati jumlah energi karena jumlahnya terbatas untuk melakukan aktivitas berat, maka olahraga ringan bisa menjadi pilihan anda untuk menjaga kebugaran tubuh.

Saat menjalani ibadah Puasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman seharian, menyebabkan tubuh bisa mengalami dehidrasi dengan cepat dan kekurangan energi dalam melakukan aktifitas.

Dikutip dari Laman siloam hospital (17/3) Ada banyak Olahraga yang bisa kita lakukan agar tubuh tetap bugar meski sedang berpuasa,  berikut ini merupakan cara untuk menyiasati olahraga ringan :

BERSEPEDA

Bersepeda saat bulan puasa bisa dilakukan dengan jarak dekat, selain membantu membakar lemak dan kalori, juga bermanfaat menyehatkan jantung dan mengencangkan otot.

JALAN SANTAI

Jalan santai olahraga dengan  aktivitas ringan yang membantu membakar lemak dan kalori namun tidak membutuhkan banyak energi dan menyehatkan jantung, tulang, dan otot jika dilakukan secara rutin.

JOGGING

Jogging diperuntukan bagi anda yang memiliki energi lebih untuk berolahraga, bisa dilakukan selama 30 menit di pagi hari atau sore hari. Lakukan jogging dengan intensitas ringan, namun berhenti saat anda merasa lelah.

YOGA

Yoga merupakan Olahraga ringan yang tidak banyak menguras energi, Gerakan berfokus pada teknik pernapasan untuk meregangkan otot dan membuat otak lebih rileks. Yoga juga membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur.

PILATES

Selain yoga, ada Pilates yang bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh,mengatasi stres, dan meningkatkan kekuatan otot. Meski tergolong olahraga ringan dan tidak membutuhkan banyak energi, pilates bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anda.

DURASI OLAHRAGA

Olahraga saat berpuasa umumnya dilakukan dengan menyesuaikan kondisi tubuh, bisa dilakukan 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi tiap latihan 30-50 menit, sesuai rekomendasi WHO dengan total waktu olahraga sekitar 150 menit.

WAKTU OLAHRAGA

Waktu Olahraga saat berpuasa bisa dilakukan pada waktu sebelum sahur, sebelum berbuka, setelah berbuka, dan sebelum tidur merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga.

Pertama Olahraga Sebelum Sahur bisa dilakukan 30 menit sebelum santap sahur, dengan asupan cairan yang cukup membuat tubuh merasa lebih bugar saat menjalani aktifitas pagi hingga sore hari.

Kedua Olahraga sebelum berbuka bisa dilakukan 30 menit sebelum waktu berbuka, dengan estimasi ketika olahraga selesai bertepatan dengan waktu berbuka, sehingga cairan tubuh dan tenaga yang digunakan bisa terganti.

Ketiga Setelah berbuka dilakukan setelah makanan tercerna dengan baik, disarankan mengonsumsi makanan ringan terlebih dahulu.

Keempat sebelum tidur bisa dilakukan setelah sholat tarawih karena makanan yang dikonsumsi sudah tercerna dengan baik sehingga tubuh memiliki asupan energi dan cairan yang cukup untuk berolahraga

Olahraga yang anda lakukan saat bulan ramadan ini, sebaiknya dipersiapkan sebelum melakukan aktifitas olahraga, seperti memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, serta kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai energi saat beraktivitas, namun saat berpuasa tubuh lebih banyak membakar lemak untuk dijadikan energi. Apabila Lemak yang dibakar semakin banyak, anda bisa menurunkan berat badan dan menjaga berat badan ideal.

Selain berolahraga, anda juga perlu memperhatikan waktu tidur. Normalnya orang dewasa tidur selama 7-9 jam,  anda juga bisa tidur siang untuk membantu menjaga mempertahankan kondisi tubuh tetap bugar.

Waktu Istirahat bagi tubuh ini sangat penting , karena Jam tidur yang kurang dapat menurunkan kinerja tubuh saat beraktifitas, seperti mudah lesu, tidak bersemangat, dan badan mudah terasa lelah.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #tips #olahraga #jaga #tubuh #tetap #bugar #bulan #ramadan #dari #bersepeda #hingga #pilates

KOMENTAR