Kenali 5 Jenis Penyakit Kulit yang Menular, Simak Penjelasannya
Ilustrasi pengobatan penyakit kulit Psoriasis. (Florida today)
18:45
12 Januari 2024

Kenali 5 Jenis Penyakit Kulit yang Menular, Simak Penjelasannya

 

  Penyakit kulit menular muncul dengan berbagai macam gejala, mulai dari jamur, virus, dan bakteri.   Biasanya, penyakit kulit menular, mudah menembus lapisan kulit hingga menyebabkan infeksi, dimulai dari infeksi ringan hingga infeksi serius.   Jika ada gejala yang muncul pada kulit anda, sebaiknya anda jangan sepelekan karena gejala tersebut bisa saja menjadi masalah yang serius pada kulit anda.   Dikutip dari klinik dokter dan Hello Sehat, berikut 5 jenis penyakit kulit yang menular.   1. Folikulitis   Dikutip dari klinik dokter, folikulitis merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri yang terjadi karena folikel rambut meradang. Awalnya terlihat seperti jerawat kecil di sekitar folikel.   Tetapi folikulitis akan terasa gatal, perih seperti terbakar. Hal ini memungkinkan luka folukel akan menjadi luka yang berkerak.  

  2. Cacar Api   Dilansir dari hello sehat, cacar api merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus bernama varicella-zoster. Hal ini disebabkan oleh cacar air yang sudah lama sembuh namun virus belum sepenuhnya hilang dari tubuh.   Gejala infeksi cacar api muncul dengan sederet bintik merak pada bagian sisi tubuh atau pada wajah yang disertakan dengan rasa sakit atau sensasi seperti terbakar. Gejala lainnya adalah sensasi geli dibawah kulit, nyeri perut, demam, hingga sakit kepala.   3. Selulitis   Selulitis merupakan salah satu infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang serius. Jika infeksi ini tidak segera diobati maka bisa menjerang ke kelenjar getah bening dan aliran darah sehingga sangat berbahaya jika tidak segera ditangani.   4. Abses   Abses salah satu infeksi yang berbentuk benjolan pada permukaan kulit. Biasanya gejala pada infeksi ini kulit bagian tersebut penh dengan nanah, nyeri, dan bengkak.   Infeksi ini biasanya mirip dengan jerawat, namun Abses bisa lebih besar.  

  5. Impetigo   Impetigo adalah infeksi kulit yang sangat umum terjadi dan disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada pakaian, handuk, tempat tidur, serta peralatan sehari-hari. Karena bakteri ini biasanya tumbuh ditempat yang lembab dan hangat,   Gejala awal dari infeksi ini adalah rasa gatal yang membuat si penderita menggaruk dan merusak permukaan kulitnya sehingga bakteri mudah masuk kedalam kulit.   Infeksi ini berbentuk seperti lenting di area mulut atu seperti koreng kering.   Itulah 5 jenis infeksi kulit yang menular. Infeksi disebabkan oleh bakteri yang bisa kita hindari dengan cara menjaga kebersihan kulit saat ada bagian yang luka.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kenali #jenis #penyakit #kulit #yang #menular #simak #penjelasannya

KOMENTAR