7 Makanan Sehat yang Dapat Membantu Membersihkan Usus Besar Secara Alami
Ilustrasi orang sembelit (freepik/8photo)
06:26
6 Maret 2024

7 Makanan Sehat yang Dapat Membantu Membersihkan Usus Besar Secara Alami

 

 – Usus merupakan salah satu orang tubuh yang memiliki fungsi penting dalam tubuh. Sebagai salah satu organ yang berperan mencerna makanan, menjaga kesehatan usus tentu wajib untuk dilakukan.  

Untuk menjaga kesehatan usus, khususnya usus besar yang berfungsi sebagai pencerna makanan yang kita konsumsi, pembersihan di dalamnya harus sering dilakukan.

Membersihkan usus besar dengan alami, salah satunya adalah dengan cara mengonsumsi makanan sehat. Mau tahu apa saja makanan tersebut?

Dilansir dari Times of India, Rabu (6/3), berikut beberapa daftar makanan yang berfungsi sebagai pembersih alami usus besar.

  1. Apel

Mengonsumsi satu apel sehari dapat membuat kesehatan tubuh tetap terjaga dan serat yang dikandung oleh buah ini sangat baik untuk membersihkan usus besar agar proses buang air besar makin nyaman dan lancar.

  1. Kunyit dan lada hitam

Menambahkan bubuk kunyit dan lada hitam ke dalam minuman berisi air hangat akan membuat usus besar menjadi kosong dan bersih.

Hal ini lebih baik dilakukan saat pagi hari agar perut dan usus bisa terisi oleh makanan di hari ini tanpa harus menampung sisa makanan kemarin hari.

  1. Benih lenan

Flaxseed atau benih lenan, sudah lama diketahui menjadi salah satu makanan yang memiliki khasiat mempercepat penurunan berat badan dan memperbaiki pencernaan.

Hanya dengan menyeduhnya dengan air hangat, atau menaburkannya di atas menu makanan dietmu, kamu sudah bisa menikmati flaxseed dan khasiatnya.

  1. Bayam

Bayam memiliki manfaat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat yang terdapat pada bayam dapat memperbaiki pencernaan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Serat dari bayam juga dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus.

  1. Bawang putih

Salah satu manfaat baik dari bawang putih untuk perut adalah dapat membersihkan racun dan bakteri berbahaya di dalam perut. Jadi jika perut sedang kosong dan kebetulan mengonsumsi bawang putih, maka sistem pencernaan di dalam tubuh akan menjadi sehat.

  1. Quinoa

Quinoa adalah makanan kaya akan serat yang bagus untuk pencernaan dalam penyerapan nutrisi di usus kecil, sedangkan di usus besar dapat membantu mencegah sembelit. Vitamin B di dalamnya juga berfungsi dalam pencernaan.

Salah satunya adalah thiamin yang membantu memproduksi asam klorida (asam di perut yang membantu pencernaan). Riboflavin juga dapat membantu perkembangan sel-sel yang melapisi dinding saluran pencernaan.

Sementara asam amino yang terkandung di dalamnya adalah asam glutamat yang diubah menjadi glutamin dalam tubuh. Glutamin bekerja untuk menjaga kesehatan lapisan mukosa lambung.

  1. Brokoli

Sayuran hijau lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan usus adalah brokoli dan yang memiliki manfaat tersebut berada di dalam seratnya.

Serat dalam brokoli membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Ini juga dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Sulforaphane dalam brokoli telah diteliti karena potensi anti-kanker.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #makanan #sehat #yang #dapat #membantu #membersihkan #usus #besar #secara #alami

KOMENTAR