Kenali 5 Efek Samping yang Mungkin Ditimbulkan oleh Konsumsi Suplemen Blackmores Vitamin D3 1000 UI, Simak!
Efek samping yang mungkin terjadi akibat konsumsi Blackmores Vitamin D3 1000 IU.(pojoksatu.id)
08:40
5 Maret 2024

Kenali 5 Efek Samping yang Mungkin Ditimbulkan oleh Konsumsi Suplemen Blackmores Vitamin D3 1000 UI, Simak!

 

 Jika Anda berniat mencari suplemen vitamin D, beberapa orang mungkin akan merekomendasikan Blackmores Vitamin D3 1000 IU.

Salah satu keunggulan utama yang ditawarkan suplemen vitamin D ini adalah, formulanya yang mengandung vitamin D3, atau kolekalsiferol.

Vitamin D3, atau kolekalsiferol ini merupakan bentuk vitamin D yang lebih mudah diserap oleh tubuh manusia dibandingkan dengan vitamin D lainnya yakni vitamin D2.

Untuk diketahui, Blackmores Vitamin D3 1000 IU umumnya akan aman jika digunakan sesuai dosis yang disarankan dan tidak boleh berlebihan.

Sebaliknya, jika suplemen ini digunakan dalam jumlah berlebih, maka hal tersebut dapat menimbulkan kesakitan. 

Selain itu, penggunaan suplemen ini juga mungkin akan menimbulkan beberapa efek samping pada sebagian kecil orang yang mengonsumsinya.

Dilansir dari Radar Madura (JawaPos Grup), Selasa (5/2), berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat konsumsi Blackmores Vitamin D3 1000 IU:

  1. Hipervitaminosis D

Hipervitaminosis D merupakan kondisi berlebihan vitamin D dalam tubuh. Hal ini dapat terjadi jika seseorang mengonsumsi vitamin D terlalu berlebihan.

Gejalanya bisa berupa mual, muntah, kelelahan, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, dan peningkatan kadar kalsium dalam darah.

2.Gangguan Gastrointestinal

Gangguan gastrointestinal ringan ditandai dengan sakit perut, diare, atau sembelit. Hal ini merupakan reaksi alami tubuh terhadap penggunaan suplemen vitamin D.

Sehingga, ketika mengalami gangguan ini, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, biasanya ganggu hanya bersifat sementara dan akan membaik dengan sendirinya.

  1. Alergi

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap salah satu bahan atau zat yang terkandung dalam Blackmores Vitamin D3 1000 IU.

Itulah sebabnya mengapa kita perlu mengetahui zat atau bahan apa saja yang bisa membuat tubuh kita alergi. Biasanya setiap orang memiliki alergi ini berbeda-beda.

Gejala alergi bisa berupa ruam kulit, gatal-gatal, pembengkakan, atau kesulitan bernapas.

Perlu diketahui,  jika Anda mengalami reaksi alergi ini, segeralah hentikan penggunaan suplemen dan konsultasikan dengan dokter.

  1. Interaksi dengan Obat Lain

Penggunaan vitamin D berlebihan, dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat. Mulai dari obat jantung, obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), atau diuretik.

Kondisi ini dapat mengubah cara tubuh memproses obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Sehingga, disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan secara bersamaan dengan suplemen ini untuk mengurangi risiko terjadinya efek samping.

  1. Kadar Kalsium yang Tinggi

Kadar kalsium dalam darah akan meningkat saat seseorang mengonsumsi vitamin D secara berlebihan. Kondisi ini dapat menyebabkan hiperkalsemia.

Gejala hiperkalsemia biasanya mengakibatkan kelemahan otot, kebingungan, dan bahkan gangguan pada jantung dan ginjal.

Vitamin D lainnya, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan saran yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kenali #efek #samping #yang #mungkin #ditimbulkan #oleh #konsumsi #suplemen #blackmores #vitamin #1000 #simak

KOMENTAR