Mau Diet Tapi Tetap Ingin Makanan Laut, Ini Boleh Dicoba
Ilustrasi makanan laut (Unsplash/Mike Bergmann)
09:23
4 Maret 2024

Mau Diet Tapi Tetap Ingin Makanan Laut, Ini Boleh Dicoba

Saat ini banyak sekali program dan jenis diet yang bisa dilakukan bagi mereka yang kelebihan berat badan. Bagi yang mau mencoba, bisa memilih diet apa yang sesuai dengan kebutuhannya. Salah satu yang populer dan banyak dijalani orang diet keto atau ketogenik.

Makanan yang terdapat pada diet keto adalah berbagai jenis makanan yang rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Dan salah satu jenis makanan yang cocok untuk melakukan diet keto adalah makanan laut atau seafood.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja jenis makanan laut yang cocok untuk diet keto, yuk simak daftar makanan laut rendah karbohidrat yang kami lansir dari FishMe.

1. Salmon
Ikan salmon adalah salah satu makanan laut paling ramah untuk diet keto, terutama yang ditangkap secara liar. Salmon kaya akan vitamin B kompleks, selenium, dan potassium, namun memiliki sedikit karbohidrat. Dan juga selenium berperan besar dalam mencegah masalah terkait tiroid dan penurunan mental.

Ikan salmon juga mengandung banyak asam lemak Omega-3 yang baik untuk jantung, otak, dan kulit. Tak hanya itu, mengonsumsi ikan salmon juga dapat membuat anda langsung kenyang tanpa harus pusing makan terlalu banyak.

2. Makarel
Ikan makarel juga salah satu ikan berlemak tinggi yang ramah untuk diet keto. Mereka kaya akan vitamin D, magnesium, potassium, vitamin B kompleks, selenium, dan asam lemak Omega-3 layaknya ikan salmon dan menjadikannya ikan sehat serba guna dengan nilai gizi yang cukup tinggi.

Ditambah lagi ada banyak cara untuk memasaknya, sehingga membuatnya menjadi nikmat jika disantap.

3. Prawn
Prawn adalah salah satu makanan laut yang mudah dicari karena betapa populernya mereka. Meskipun agak susah karena harus mengupas cangkangnya tiap kali hendak memakannya, manfaat yang diberikan untuk kesehatan juga sepadan dengan usaha tersebut.

Prawn mengandung vitamin D, selenium, tembaga, zat besi, yodium, dan vitamin B kompleks. Dan jangan khawatir dengan komponen kolesterolnya, karena menurut salah satu studi, prawn membawa efek positif pada kadar kolesterol, dikarenakan mereka meningkatkan HDL atau kadar kolesterol baik.

4. Kerang
Kerang memanglah memiliki karbohidrat tapi cukup rendah sangat bernutrisi tinggi yang di mana cocok untuk diet keto. Kandungan nutrisi kerang mengandung vitamin B kompleks, selenium, manganese, dan zat besi.

Dan meskipun terlihat kecil, mereka juga bisa membuat perut kenyang saat dikonsumsi yang di mana cocok untuk orang yang sedang diet.

5. Lobster
Layaknya makanan laut lainnya, lobster juga makanan laut rendah karbohidrat yang cocok untuk diet keto. Mereka kaya akan selenium dan asam lemak Omega-3 yang melindungi tubuh dari tiroid, anemia, dan depresi.

Lobster juga mengandung banyak protein jadi saat dikonsumsi oleh tubuh, maka tubuh anda akan terasa kenyang dalam sekejap.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Penulis Artikel: Ondra Dwi Putra Adi Setyo

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #diet #tapi #tetap #ingin #makanan #laut #boleh #dicoba

KOMENTAR