Wajib Dibaca! 8 Fakta Menarik dari Kalsium, dapat Memperlancar Peredaran Darah-Cegah  Tulang Keropos
Susu adalah sumber kalsium yang paling kaya bagi semua usia. (Shutterstock)
12:22
29 Februari 2024

Wajib Dibaca! 8 Fakta Menarik dari Kalsium, dapat Memperlancar Peredaran Darah-Cegah Tulang Keropos

 

 – Tubuh membutuhkan mineral yang bernama kalsium untuk menjaganya tetap sehat dengan tetap mengonsumsi vitamin D yang terdapat padanya, dan juga kalsium berperan penting dalam menjaga kesehatan dari tulang dan gigi.

Terlepas dari manfaatnya yang bagus bagi tubuh, kalsium juga memiliki beberapa fakta menarik. Dilansir dari Healthline, berikut beberapa fakta menarik dari kalsium yang bisa anda ketahui.

  1. Peran penting kalsium pada tubuh

Kalsium sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk memperlancar darah, menggerakkan otot, dan melepaskan hormon. Selain itu, kalsium juga dapat membantu membawa pesan dari otak ke bagian tubuh lain.

  1. Tubuh tidak dapat menghasilkan kalsium

Hal ini sangat wajar karena kalsium untuk tubuh hanya bisa didapat dari makanan dan beberapa daftar makanan yang mengandung kalsium bagi tubuh adalah sebagai berikut.

-        Produk susu seperti susu, keju, dan yogurt

-        Sayuran berwarna hijau tua seperti kangkung, bayam, dan brokoli

-        Kacang putih

-        Ikan sarden

-        Roti yang diperkaya kalsium, sereal, produk kedelai, dan jus jeruk

Dengan mengonsumsi beberapa makanan tersebut, maka diet bagi tubuh untuk mendapatkan asupan kalsium bisa tercapai dan tubuh menjadi sehat dengan menyerap kalsium yang terdapat pada makanan tersebut.

  1. Pentingnya peran vitamin D untuk menyerap kalsium

Tubuh sangat membutuhkan vitamin D agar dapat menyerap kalsium, namun meskipun makanan yang dikonsumsi kaya akan kalsium tapi rendah vitamin D, maka manfaat yang didapat tidak akan begitu banyak dan bagus.

Untuk mendapatkan vitamin D, makanan seperti ikan salmon, kuning telur, dan beberapa jamur bisa dikonsumsi, karena beberapa makanan yang berkalsium juga biasanya ada kandungan vitamin D-nya, seperti susu.

Lalu, selain makanan, sinar matahari adalah sumber terbaik untuk mendapatkan vitamin D. Kulit akan secara alami menghasilkan vitamin D saat terkena sinar matahari. Namun perlu diperhatikan bahwa mereka yang berkulit lebih gelap tidak bisa menghasilkan vitamin D dan memaksa mereka untuk bergantung pada suplemen untuk menghindari kekurangan vitamin D.

  1. Kalsium sangatlah penting bagi wanita

Beberapa studi menunjukkan bahwa kalsium dapat meringankan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Studi ini menyimpulkan bahwa wanita dengan PMS memiliki asupan kalsium dan magnesium yang lebih rendah, serta kadar serum yang lebih rendah.

  1. Jumlah asupan yang disarankan tergantung umur

Menurut apa yang dinyatakan oleh National Institute of Health (NIH), orang dewasa diharuskan mendapat asupan kalsium sebanyak 1.000 mg tiap harinya. Untuk wanita berumur lebih dari 50, dalam masa hamil, atau sedang menyusui, NIH menyarankan untuk mengonsumsi kalsium sebanyak 1.200 mg tiap harinya.

  1. Kurangnya kalsium bisa menambah penyakit

Bagi orang dewasa, kurangnya kalsium dapat membuat risiko osteoporosis meningkat, tulang yang rapuh, dan keropos yang mudah patah. Penyakit osteoporosis adalah hal umum yang dialami wanita dewasa dan NIH menyarankan untuk mengonsumsi kalsium yang lebih banyak bagi wanita.

Selain itu, kalsium juga berperan penting dalam tumbuh kembang anak-anak. Anak-anak yang tidak mendapatkan kalsium yang cukup ada kemungkinan tidak akan tumbuh normal atau mencapai potensinya, dan bahkan bisa mengalami masalah kesehatan lainnya.

  1. Suplemen kalsium bisa membantu sebagai alternatif

Tak semua orang bisa mendapatkan kalsium secara alami dari makanan atau minuman. Sebagian ada yang tidak toleran dengan laktosa, vegan, atau tidak menyukai produk olahan dari susu yang memungkinkan anda kesulitan mendapatkan cukup kalsium dalam makanan.

Alternatifnya adalah dengan suplemen kalsium, pertama adalah kalsium karbonat yang lumayan murah dan biasa dijual yang dapat ditemukan di sebagian besar obat antasida, serta saat mengonsumsi harap bersamaan dengan makanan agar efeknya bekerja dengan baik,

Kedua adalah kalsium sitrat yang tidak perlu dikonsumsi secara bersamaan dengan makanan dan lebih cocok bagi orang tua dengan kadar asam lambung lebih rendah.

Efek samping mengonsumsi suplemen kalsium adalah sembelit, gas, kembung, dan mengganggu tubuh untuk menyerap nutrisi atau obat lain.

  1. Kebanyakan kalsium itu tidak baik bagi tubuh

Meskipun kalsium bagus untuk tubuh, namun itu hanya terjadi jika jumlah yang dikonsumsi sesuai dengan batasan, karena terlalu banyak bisa menimbulkan efek samping berbahaya bagi tubuh seperti sembelit, gas, dan kembung.

Kebanyakan kalsium juga bisa meningkatkan risiko batu ginjal, penumpukan kalsium pada darah (hiperkalsemia), dan juga risiko penyakit jantung yang di mana ada beberapa dokter tidak setuju akan klaim ini.

Diperlukan penelitian lebih lanjut tentang pengaruh suplemen kalsium pada kesehatan jantung.

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #wajib #dibaca #fakta #menarik #dari #kalsium #dapat #memperlancar #peredaran #darah #cegah #tulang #keropos

KOMENTAR