Metode Bedah Artroskopi, Pasien Sakit Sendi Bahu dan Lutut Bisa Cepat Sembuh
Dokter Liauw Roger Leo Sp.OT memberikan penjelasan soal layanan Artroskopi di Jakarta (29/2). (Hilmi Setiawan/Jawa Pos)
11:10
29 Februari 2024

Metode Bedah Artroskopi, Pasien Sakit Sendi Bahu dan Lutut Bisa Cepat Sembuh

          Teknologi di bidang medis terus berkembang. Salah satunya adalah metode atau teknik pembedahan berbasis Artroskopi. Dengan teknik ini, pembedahan dilakukan dengan minimal invasif. Sehingga pasien yang menjalani pembedahan di bagian lutut dan bahu bisa cepat sembuh.   

  Pemanfaatan metode Artroskopi itu dikupas dalam diskusi kesehatan di Klinik Utama Dr. Indrajana di Jakarta pada Kamis (29/2). dr Liauw Roger Leo Sp.OT mengatakan Artroskopi merupakan salah satu terobosan terbaik di bidang bedah ortopedi abad ke-20. Dokter spesialis ortopedi dan traumatologi di Klinik Utama Dr Indrajana itu mengatakan, setiap tahunnya ada 1,7 juta penanganan berbasis Artroskopi di bahu dan 750 ribu penanganan di lutut yang dijalankan di AS.    "Di Indonesia sendiri, layanan Artroskopi dapat dilakukan di rumah sakit atau klinik kesehatan," jelasnya. Karena dalam praktiknya, layanan berbasis Artroskopi hanya memerlukan perawatan yang singkat.    Menurut dokter Liauw, layanan Artroskopi dilakukan untuk mengatasi gangguan sendiri. Faktor resiko gangguan sendiri yang bisa berujung pada layanan Artroskopi adalah pekerjaan, jenis, kelamin, dan berat badan. Dia mencontohkan atlet merupakan kelompok pekerjaan yang rentan mengalami kerusakan pada lutut dan bahu.    Dari jenis kelamin, kelompok perempuan lebih rentan mengalami gangguan pada sendi lutut dan bahu dibandingkan pria. Penyebabnya adalah faktor hormonal. Faktor lainnya adalah berat badan. Semakin besar berat badan yang ditopang, maka resiko kerusakan atau sakit sendi semakin besar.    GM Klinik Utama Dr Indrajana dr Susi Anggraini menjelaskan lebih detail soal metode Artroskopi. Dia menjelaskan Artroskopi merupakan prosedur bedang dengan minimal invasif pada sendi. Proses ini dilakukan dengan menggunakan kamera berukuran sangat kecil, yang dimasukkan dalam rongga tubuh.   

  Dengan metode itu, bisa diketahui kondisi lutut, bahu, maupun persendian lainnya pada pasien. "(Metode) Artroskopi memiliki resiko rendah," katanya. Kemudian proses penyembuhan lebih cepat karena sayatan kecil. Sehingga pasien tidak perlu merasa takut untuk memeriksakan permasalahan sendi yang dialami. (*)   

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #metode #bedah #artroskopi #pasien #sakit #sendi #bahu #lutut #bisa #cepat #sembuh

KOMENTAR