Waspada! 6 Bahaya Kekurangan Vitamin D, Mulai Dari Kesehatan Mental Hingga Penyakit Jantung
Ilustrasi Vitamin D./Freepik
20:42
28 Pebruari 2024

Waspada! 6 Bahaya Kekurangan Vitamin D, Mulai Dari Kesehatan Mental Hingga Penyakit Jantung

- Vitamin D adalah sejenis nutrien yang penting untuk kesehatan manusia.

Ini termasuk dalam kelompok vitamin larut lemak dan memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh.

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan yang kita makan. Kalsium adalah mineral penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat.

Tak hanya itu Vitamin D berperan dalam mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis, yang merupakan kondisi di mana tulang menjadi rapuh dan rentan terhadap patah tulang.

Lantas bagaimana jika seseorang kekurangan vitamin D dalam tubuhnya?

Berikut ini dikutip JawaPos.com dari beberapa sumber, bahaya jika Anda kekurangan vitamin D dalam tubuh.

1. Osteoporosis dan Risiko Fraktur:

Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dalam tubuh.

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penurunan kadar kalsium dalam tulang, yang pada gilirannya dapat menyebabkan osteoporosis, kondisi di mana tulang menjadi rapuh dan rentan terhadap patah tulang.

2. Penyakit Tulang Lunak:

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penyakit tulang lunak, seperti osteomalasia pada orang dewasa dan rakhitis pada anak-anak. Ini adalah kondisi di mana tulang menjadi lemah dan mudah patah.

3. Masalah Kesehatan Mental:

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat berhubungan dengan masalah kesehatan mental, termasuk depresi, kecemasan, dan gangguan suasana hati.

4. Penyakit Autoimun:

Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit autoimun, seperti lupus, rheumatoid arthritis, dan multiple sclerosis.

5. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah:

Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin D dan peningkatan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, termasuk hipertensi (tekanan darah tinggi) dan penyakit kardiovaskular.

6. Gangguan Kesehatan Umum:

Kekurangan vitamin D juga dapat berkontribusi pada risiko terjadinya infeksi, gangguan tidur, kelelahan, dan masalah kesehatan umum lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan asupan vitamin D yang cukup melalui paparan sinar matahari yang cukup, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin D, atau penggunaan suplemen jika diperlukan.

Terutama bagi individu yang memiliki risiko kekurangan vitamin D seperti mereka yang memiliki kulit gelap, orang yang tinggal di daerah dengan sedikit sinar matahari, atau yang memiliki pola makan tertentu yang tidak mencukupi.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kadar vitamin D Anda, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #waspada #bahaya #kekurangan #vitamin #mulai #dari #kesehatan #mental #hingga #penyakit #jantung

KOMENTAR