Lezat Tetapi Berbahaya! Pahami 4 Dampak Fatal Terlalu Sering Mengonsumsinya Gorengan
Ilustrasi mengurangi konsumsi gorengan dan minuman berkafein. (Ilustrasi diperagakan model. Dite Surendra/Jawa Pos)
15:48
28 Februari 2024

Lezat Tetapi Berbahaya! Pahami 4 Dampak Fatal Terlalu Sering Mengonsumsinya Gorengan

 

JawaPos.Com - Makanan yang diolah dengan cara digoreng atau sering disebut gorengan, memang menjadi salah satu camilan yang banyak disukai masyarakat Indonesia.

Ya, gorengan, si makanan lezat dan menggugah selera ini, sering menjadi pilihan favorit bagi banyak orang sebagai camilan apalagi di musim dingin seperti saat ini.

Selain menjadi solusi pengganjal lapar, gorengan juga menawarkan beragam sajian serta olahan yang menggugah selera.

Namun tahukah kamu, di balik kelezatannya, terlalu sering mengonsumsi gorengan bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan yang serius.

Dilansir dari Mayo Clinic (28/2), gorengan disebut memiliki dampak buruk hingga fatal terkait kesehatan jangka panjang yang mengintai tubuh.

Untuk diketahui, inilah tiga penyakit yang bisa muncul akibat kebiasaan mengonsumsi gorengan.

1. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Salah satu dampak utama dari terlalu sering mengonsumsi gorengan adalah peningkatan risiko terkena penyakit jantung dan masalah pembuluh darah.

Gorengan umumnya mengandung lemak jenuh dan trans yang tinggi, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Akibatnya, plak kolesterol dapat menumpuk di dinding arteri, menyebabkan penyempitan dan pembekuan darah yang berujung pada risiko serangan jantung, stroke, atau penyakit arteri koroner.

2. Obesitas dan Masalah Metabolik

Gorengan cenderung tinggi kalori dan rendah nutrisi, yang membuatnya menjadi pemicu utama obesitas dan masalah metabolik lainnya.

Kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak tinggi seperti gorengan dapat menyebabkan penumpukan lemak di tubuh, terutama di area perut.

Selain itu, peningkatan berat badan yang signifikan juga dapat memicu resistensi insulin, diabetes tipe 2, dan gangguan metabolisme lainnya.

3. Kanker

Terlalu sering mengonsumsi gorengan juga dapat meningkatkan risiko fatal terkena berbagai jenis kanker, terutama kanker usus dan kanker prostat.

Proses penggorengan pada suhu tinggi dapat membentuk senyawa karsinogenik seperti acrylamide dan PAHs (hidrokarbon aromatik polisiklik), yang dapat meningkatkan risiko kanker jika dikonsumsi secara berlebihan.

Selain itu, lemak trans dalam gorengan juga telah terbukti terkait dengan peningkatan risiko kanker payudara pada wanita.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #lezat #tetapi #berbahayapahami4 #dampakfatal #terlalu #sering #mengonsumsinya #gorengan

KOMENTAR