Rutin Konsumsi Seafood Dipercaya Bisa Mengurangi Risiko Penyakit di Masa Tua, Ini Penelitian dan Studinya!
Tetap Sehat Saat Menua dengan Mengonsumsi Seafood Sumber foto: freepik/vichie81
14:30
28 Februari 2024

Rutin Konsumsi Seafood Dipercaya Bisa Mengurangi Risiko Penyakit di Masa Tua, Ini Penelitian dan Studinya!


 - Penuaan merupakan proses alami di mana tubuh mengalami perubahan fisik dan fisiologis seiring bertambahnya usia. Ini termasuk penurunan fungsi organ tubuh, penurunan kepadatan tulang, pengurangan elastisitas kulit, dan penurunan dalam berbagai fungsi biologis.

Meskipun penuaan adalah bagian alami dari siklus kehidupan, banyak kondisi yang terkait dengan penuaan meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit. Seiring bertambahnya usia, risiko terkena penyakit tertentu meningkat secara signifikan.

Namun untuk memiliki daya tahan tubuh yang sehat di masa tua, tentunya menjaga kualitas hidup sehat wajib untuk dilakukan.

Kendati demikian, kesehatan tidak hanya tentang kemampuan untuk hidup lebih lama, tapi juga tentang menikmati hidup tanpa penyakit atau kecacatan.

Untuk mencapai kesehatan yang optimal dan umur panjang, kita perlu merawat tubuh kita, terutama dengan pola makan yang sehat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak seafood atau makanan laut seperti salmon, ikan makarel, tuna, ikan hering, dan sarden bisa menjadi bagian penting dari resep kesehatan di masa tua.

Hal ini dikarenakan, seafood atau makanan laut mengandung banyak omega-3.

Dilansir dari Southern Living pada Rabu (28/2), studi yang dipublikasikan di The British Medical Journal menunjukkan bahwa orang yang memiliki tingkat omega-3 tinggi didalam darahnya, biasanya memiliki risiko yang lebih rendah terhadap penuaan yang tidak sehat.

Untuk mencapai kesimpulan ini, para peneliti memeriksa tingkat darah omega-3 pada 2.622 orang dewasa menggunakan data dari Studi Kesehatan Kardiovaskular warga Amerika yang lebih tua. Tes darah dilakukan pada partisipan setiap 6 dan 13 tahun sekali.

Selama bertahun-tahun, 89 persen partisipan mengalami penuaan yang tidak sehat, termasuk perkembangan penyakit kronis dan berbagai penurunan fisik atau mental.

Namun, 11 persen lainnya tetap sehat, tanpa menunjukkan tanda-tanda penyakit jantung, kanker, batasan fisik, masalah kognitif, atau masalah dengan aktivitas harian.

Setelah menganalisis angka-angka tersebut lebih lanjut, para peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki tingkat omega-3 yang tinggi dalam darahnya, memiliki risiko 18 persen lebih rendah terhadap penuaan yang tidak sehat.

Oleh karena itu, meningkatkan asupan omega-3 dalam pola makan kita bisa menjadi langkah penting untuk menjaga kesehatan saat menua.

Hasil studi ini mendukung pedoman asupan makanan yang menyarankan untuk mengonsumsi lebih banyak seafood, terutama bagi orang yang berusia 65 tahun ke atas.

Bahkan hanya dengan mengonsumsi satu porsi seafood seberat 4 ons dalam satu minggu, kita bisa mengalami perbedaan signifikan dalam kesehatan kita saat menua. Jadi, tidak perlu diragukan lagi bahwa seafood bisa menjadi pilihan superfood untuk mendukung kesehatan saat menua.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #rutin #konsumsi #seafood #dipercaya #bisa #mengurangi #risiko #penyakit #masa #penelitian #studinya

KOMENTAR