Kenali Segudang Manfaat Biji Nangka, Bisa Membantu Mengontrol Tekanan Darah
Biji nangka diketahui mengandung pati, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan dalam jumlah yang tinggi. (Style Craze)
12:19
25 Oktober 2024

Kenali Segudang Manfaat Biji Nangka, Bisa Membantu Mengontrol Tekanan Darah

- Buah nangka merupakan salah satu sumber vitamin, mineral, dan serat terbaik untuk tubuh. Dilansir laman hellosehat.com, manfaat nangka bagi kesehatan tidak terbatas pada daging buahnya saja. Tak banyak diketahui, biji nangka juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan Anda.

Tidak hanya daging buahnya yang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, biji dari buah nangka juga mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. 

Dilansir laman alodokter.com, jika dibandingkan dengan biji buah tropis lain, biji buah nangka menyimpan banyak gizi penting. Biji nangka diketahui mengandung pati, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan dalam jumlah yang tinggi.

1. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam biji nangka dapat melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas akibat paparan cahaya matahari. Manfaat perlindungan ini juga dapat dirasakan oleh kulit dan rambut.

Antioksidan dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan lingkaran hitam bawah mata. Selain itu, nutrisi yang terdapat di dalamnya juga membantu pembentukan kolagen dan mengatasi masalah kulit.

Biji nangka juga dapat bertindak sebagai antimikroba yang mengatasi masalah pada infeksi kulit kepala dan rambut, sehingga rambut rontok dapat dikurangi.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa biji nangka dapat memperbaiki kadar kolesterol. Manfaat ini didapatkan dari kandungan serat dan antioksidan dalam biji nangka.

Sebuah penelitian mengungkapkan, tikus yang makan banyak biji nangka memiliki kadar kolesterol LDL yang lebih rendah dan kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi; jika dibandingkan dengan tikus yang konsumsi lebih sedikit biji nangka.

Untuk memastikan manfaatnya, diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

3. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Biji nangka diketahui dapat menjadi sumber kalium yang baik. Kalium memiliki peran dalam menurunkan tekanan darah dengan cara mengurangi efek natrium dan membuat pembuluh darah menjadi lebih lentur.

Namun, konsumsi makanan yang kaya kalium dapat memberikan efek buruk pada penderita penyakit ginjal, sehingga Anda perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

4. Menurunkan risiko kanker

Biji nangka mengandung senyawa antioksidan berupa flavonoid, saponin, dan tanin. Senyawa-senyawa ini mampu melindungi sel tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas merupakan molekul yang dapat merusak sel dan memicu pertumbuhan sel kanker. Senyawa antioksidan pada biji nangka punya manfaat mencegah pembentukan pembuluh darah di sekitar sel kanker.

Tanpa pembuluh darah yang memadai, sel kanker tidak akan mendapatkan pasokan darah dan zat gizi untuk tumbuh

5. Mengatasi anemia

Manfaat biji nangka selanjutnya adalah mengatasi anemia. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kandungan zat besi dalam biji nangka yang mampu mengatasi anemia dan mencegah kelainan darah.

Dengan meningkatnya produksi sel darah merah dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh pun ikut meningkat.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #kenali #segudang #manfaat #biji #nangka #bisa #membantu #mengontrol #tekanan #darah

KOMENTAR