5 Manfaat Kopi bagi Kehidupan Manusia, Beberapa Manfaat Medis Masih Jarang Diketahui Publik
Kopi, minuman favorit penuh manfaat/ image by coolvetor on freepik
10:04
12 Januari 2024

5 Manfaat Kopi bagi Kehidupan Manusia, Beberapa Manfaat Medis Masih Jarang Diketahui Publik

– Tidak hanya bagus untuk mencegah rasa kantuk, kopi masih banyak menyimpan segudang manfaat bagi peminumnya.

Beberapa penelitian dilakukan dalam menemukan manfaat kopi bagi kehidupan manusia.

Dari hasil yang didapatkan kopi terbukti berpengaruh bagi perkembangan medis di kehidupan manusia.

Dilansir dari laman healthline.com, terdapat beberapa manfaat kopi yang bisa dirasakan manusia. Beberapa manfaat itu diantaranya:

1. Meningkatkan Energi

Kopi dikenal sebagai minuman yang mengandung kafein di dalamnya. Kandungan ini dipercaya dapat menjadi stimulan bagi sistem saraf pusat sehingga bisa membantu melawan rasa lelah serta meningkat energi.

Sebuah penelitian terkait kafein dilakukan pada pemain golf yang mengkonsumsi kafein sebelum dan selama permainan dilakukan.

Hasil dari penelitian ini membuktikan, pemain golf yang mengkonsumsi kafein cenderung memiliki performa yang baik bahkan rasa lelah terasa lebih berkurang.

2. Dianggap mampu mengurangi resiko diabetes

Beberapa riset membuktikan, meminum kopi secara reguler dipercaya mampu mengurangi risiko perkembangan diabetes tipe 2 dalam jangka panjang.

Fakta lainya, 30 studi tentang kopi yang telah menyimpulkan bahwa dalam setiap gelas kopi yang diminum per hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebanyak 6%

3. Menyehatkan Otak

Dari sebuah review yang dilakukan pada 13 penelitian, kopi juga dipercaya dalam membantu otak manusia agar tetap sehat.

Dari studi-studi yang dilakukan tersebut ditemukan bahwa, orang yang secara reguler mengkonsumsi kafein tiap harinya mampu terhindar dari risiko penyakit parkinson dan juga mampu memperlambat proses perkembangannya dalam jangka waktu yang lama.

Tidak hanya parkinson, kopi juga dipercaya mampu melemahkan risiko dari alzheimer. Pada studi yang terhadap kopi, disimpulkan bahwa meminum kopi secara cukup dapat membantu melemah risiko dari alzheimer.

4. Bagus untuk menjaga bobot tubuh

Bagi pejuang berat badan ideal, kopi juga mampu menjadi suatu pilihan sempurna untuk membantu menjaga bobot tubuh.

Pada sebuah studi yang dilakukan, meminum kopi secara masif dipercaya mampu mengurangi lemak yang ada pada tubuh khususnya pada pria.

Tidak hanya itu, beberapa studi lain juga menemukan, semakin banyak kopi yang dikonsumsi maka semakin banyak pula lemak yang berkurang pada tubuh wanita.

5. Mengurangi depresi

Sebagai minuman favorit bagi orang diseluruh penjuru dunia, kopi juga dipercaya mampu kurangi risiko depresi bagi peminumnya.

Beberapa penelitian yang dilakukan berhasil mendapat kesimpulan bahwa, tiap gelas kopi yang diminum dipercaya mampu kurangi 6% resiko terjadinya depresi.

Bahkan studi lebih lanjut pada lebih dari 200.000 orang membuktikan, bahwa meminum kopi dipercaya memiliki hubungan terhadap rendahnya resiko bunuh diri bagi peminumnya.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #manfaat #kopi #bagi #kehidupan #manusia #beberapa #manfaat #medis #masih #jarang #diketahui #publik

KOMENTAR