Pepaya Sebaiknya Jangan Dikonsumsi Berbarengan dengan Beberapa Pangan Lain, Ini 7 Daftarnya
ilustrasi pepaya dan buah lainnya. (Freepik)
22:15
24 Oktober 2024

Pepaya Sebaiknya Jangan Dikonsumsi Berbarengan dengan Beberapa Pangan Lain, Ini 7 Daftarnya

Pepaya adalah salah satu buah yang paling banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Buah berwarna oranye ini juga digemari banyak orang karena rasanya yang manis.

Namun begitu, buah pepaya sebaiknya tak dikonsumsi berbarengan dengan sejumlah makanan lainnya. Sebab, hal ini dapat menimbulkan masalah lain.   Dikutip dari Times of India, berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya tak dimakan berbarengan dengan pepaya:  

  1. Susu dan produk olahan susu   Pepaya mengandung enzim seperti Papain dan Chymopapain yang dapat mengentalkan susu dan memengaruhi pencernaan produk susu. Jadi, mengonsumsi pepaya dengan susu atau yogurt dapat langsung menyebabkan kembung, gas, atau ketidaknyamanan perut.   2. Pepaya muda dan pepaya matang   Meskipun pepaya matang lezat dan bergizi, pepaya hijau atau mentah mengandung konsentrasi lateks yang lebih tinggi. Lateks ini dapat menyebabkan iritasi di tenggorokan dan mulut, terutama pada orang yang sensitif terhadap alergi lateks.    Ini adalah makanan berprotein tinggi. Pepaya mengandung enzim yang memecah protein, yang dapat mengganggu pencernaan makanan berprotein tinggi tertentu.   

  3. Makanan fermentasi   Makanan fermentasi merupakan tambahan yang lezat dan bergizi untuk diet apa pun. Makanan fermentasi seperti asinan kubis, kimchi, atau acar mengandung probiotik dan enzim yang dapat berinteraksi dengan enzim pepaya.    Kombinasi ini berpotensi mengganggu pencernaan atau menyebabkan gangguan gastrointestinal.   4. Makanan berprotein tinggi   Pepaya mengandung enzim yang memecah protein yang dapat mengganggu pencernaan makanan berprotein tinggi tertentu. Oleh karena itu, hindari memadukan pepaya dengan daging, ikan, atau tahu dalam jumlah banyak untuk mencegah masalah pencernaan atau ketidaknyamanan.  

  5. Makanan berlemak   Pepaya adalah buah rendah lemak dan jika dipadukan dengan makanan berlemak tinggi seperti gorengan, daging berlemak, atau saus kental, dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan.    Kombinasi tersebut justru dapat menyebabkan kembung atau gangguan pencernaan karena tingkat pencernaan lemak dan buah yang berbeda.   6. Makanan pedas   Makanan pedas dapat mengiritasi lapisan lambung dan menggabungkannya dengan pepaya, terutama pada orang yang sensitif, dapat memperburuk masalah pencernaan.    Hindari mengonsumsi pepaya setelah makan makanan pedas. Menggabungkan makanan pedas dengan pepaya dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan dan memperburuk masalah gastrointestinal.   

  7. Produk kedelai   Produk kedelai seperti susu kedelai atau tahu mengandung senyawa yang dapat menghambat penyerapan nutrisi tertentu dalam pepaya, sehingga memengaruhi pencernaan secara keseluruhan.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #pepaya #sebaiknya #jangan #dikonsumsi #berbarengan #dengan #beberapa #pangan #lain #daftarnya

KOMENTAR