7 Buah yang Dapat Menjadi Cemilan Sehat saat Diet, Mendukung Penurunan Berat Badan
Ilustrasi 7 buah yang dapat menjadi cemilan sehat saat diet. (Pexels/Mike Jones)
14:50
24 Oktober 2024

7 Buah yang Dapat Menjadi Cemilan Sehat saat Diet, Mendukung Penurunan Berat Badan

 

Buah dikenal sebagai salah satu cemilan sehat alami yang dapat dikonsumsi saat diet.

Dibandingkan mengonsumsi cemilan yang berminyak atau mengandung banyak tepung, buah menjadi pilihan yang mengenyangkan dan sehat untuk pola diet yang tengah dijalani.

Seperti diketahui, buah mengandung banyak nutrisi penting yang dapat menyehatkan dan membuat tubuh menjadi kenyang lebih lama.

Serat, vitamin, mineral, dan antioksidan dalam buah dapat membantu tubuh memproses gula alami buah lebih lambat daripada makanan cemilan lainnya.

Dilansir dari Eatingwell, inilah 7 buah yang dapat menjadi cemilan sehat saat diet.

1. Buah Rasberi

Rasberi merupakan salah satu buah terbaik untuk menurunkan berat badan. Satu porsi rasberi mengandung sekitar sepertiga kebutuhan serat harian yaitu 8 gram. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat dapat membantu menurunkan berat badan.

Hal ini karena mengonsumsi makanan penuh serat akan membuat tubuh merasa kenyang dan menjaga pencernaan tetap teratur. Tak hanya mengandung serat, buah ini juga mendapatkan warna yang cantik dari antosianin.

Itu adalah jenis antioksidan yang dikenal berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung dan pencegahan penurunan fungsi kognitif. Rasberi juga mengandung asam ellagic yang dapat melindungi tubuh terhadap tujuh jenis kanker.

Tak hanya itu, buah ini juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin dalam buah dapat melawan peradangan, menjaga kesehatan kulit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Buah Pir

Pir merupakan buah yang sangat berkhasiat. Satu buah pir dapat mengandung 6 gram serat, yaitu sekitar seperempat dari kebutuhan harian. Dengan makan buah pi, kalian akan tetap kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Tak hanya mengandung serat, buah pir juga mengandung vitamin c untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan peradangan. Buah ini juga menjadi sumber kalium yang baik untuk membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

3. Blueberry

Masih satu jenis rasbery, buah berry lain yaitu blueberry dianggap sebagai cemilan yang penting dalam diet penurunan berat badan. Dalam satu cangkir, blueberry menawarkan 4 gram serat dan kandungan antioksidannya yang terkenal.

Mengonsumsi buah ini sering dikaitkan dengan perlindungan dari penuaan, sinar UV, racun lingkungan, dan stres. Buah ini dapat membantu melindungi seseorang dari hilang ingatan.

4. Jeruk

Jeruk berukuran besar mengandung 4 gram serat dan mampu memenuhi sebuah kebutuhan vitamin C harian dan sekitar 10 persen dari rekomendasi harian untuk kalium. Jeruk mengandung karotenoid yaitu sejenis antioksidan yang memberi warna oranye pada jeruk.

Karotenoid yang ada dalam jeruk dapat membantu mengurangi lemak perut, meningkatkan penglihatan, dan meningkatkan kekebalan tubuh agar tetap sehat secara menyeluruh.

5. Apel

Apel dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Satu buah apel berukuran sedang mengandung 4 gram serat yang mampu meningkatkan daya tahan cemilan atau semangkuk oatmeal di pagi hari. Sebuah penelitian awal menunjukkan bahwa apel dapat sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Namun, pastikan makan apel beserta kulitnya. Hal ini karena di sana terdapat sebagian besar serat dan senyawa yang bermanfaat. Apel juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan membantu menurunkan kolesterol.

Mengonsumsi apel juga akan membantu melawan kanker, diabetes tipe 2, dan penyakit Alzheimer.

6. Stroberi

Jenis buah berry lainnya yang nggak kalah baik untuk menurunkan berat badan adalah stroberi. Buah beri yang lezat ini dapat membantu mengekang keinginan untuk makan manis sekaligus memberikan kandungan 3 gram serat per cangkir untuk membuat tubuh merasa kenyang selama berjam-jam.

Buah ini juga mengandung 100 persen dari jumlah vitamin c harian dalam satu porsinya. Stroberi merupakan sumber polifenol terbaik ketiga. Itu adalah jenis antioksidan yang dapat melawan bakteri di mulut dan mencegah kerusakan gigi.

Buah ini juga terbukti bermanfaat untuk tubuh yaitu sebagai pencegah penyakit jantung, penyakit neurodegeneratif, osteoporosis, dan beberapa jenis kanker.

7. Pisang

Pisang mungkin mendapat reputasi buruk karena kandungan gula yang tinggi, tetapi pisang mengandung setidaknya 3 gram serat dan pati resistan yaitu jenis karbohidrat yang dapat meningkatkan kesehatan usus dan pembakaran lemak.

Pisang merupakan salah satu makanan terbaik yang dapat dikonsumsi saat perut kembung. Hal ini karena pisang mengandung serat, pati resisten, dan kalium.

Kalium dalam satu buah pisang dapat berperan penting dalam membantu menyeimbangkan natrium dalam tubuh.


***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #buah #yang #dapat #menjadi #cemilan #sehat #saat #diet #mendukung #penurunan #berat #badan

KOMENTAR