Ketahui 10 Manfaat Konsumsi Ikan Salmon Bagi Kesehatan Kulit, Jantung, Tulang dan Persendian
ilustrasi ikan salmon baik untuk kesehatan. /Sumber foto: Freepik
09:24
24 Februari 2024

Ketahui 10 Manfaat Konsumsi Ikan Salmon Bagi Kesehatan Kulit, Jantung, Tulang dan Persendian

 

Ikan salmon dengan daging yang berwarna khas merah jambu dan oranye, memiliki protein dan asam lemak seperti omega-3 baik untuk jantung, kulit, dan kesehatan secara keseluruhan.

Mulai dari kalsium hingga potasium, terdapat banyak nutrisi penting dalam salmon yang biasa ditangkap atau dibudidayakan secara liar.

Mengingat kedua varietas ini, mungkin terdapat sedikit perbedaan pada nilai gizi salmon misal salmon tangkapan liar punya protein sedikit lebih tinggi karena 100 gram salmon tangkapan liar memberikan 25,4 gram protein serta 100 gram varietas dibudidayakan menghasilkan 21 gram protein, menurut US Department of Agriculture (USDA).

Dikutip JawaPos.com dari Healthshots, Sabtu (24/2), mengonsumsi ikan salmon menawarkan beberapa manfaat kesehatan antara lain:

  1. Kesehatan jantung

Asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan salmon menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol. Dengan cara ini mereka dapat meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular.

  1. Fungsi otak

Asam lemak omega-3 salmon meningkatkan retensi memori dan kesehatan otak, serta menurunkan risiko penurunan kognitif terkait usia.

  1. Kesehatan mata

Asam lemak omega-3 salmon membantu menjaga kesehatan mata dan menurunkan risiko degenerasi makula yang disebabkan oleh usia.

  1. Kesehatan sendi

Karena efek anti-inflamasinya, asam lemak omega-3 membantu meningkatkan kesehatan sendi dan mengurangi gejala radang sendi.

  1. Kepadatan nutrisi

Ikan salmon menawarkan nutrisi penting untuk kesehatan secara umum. Daftar tersebut mencakup vitamin B, potasium, dan zinc.

  1. Manajemen berat badan

Kandungan protein ikan salmon yang tinggi memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga membantu upaya pengelolaan berat badan.

  1. Kesehatan kulit dan rambut

Protein salmon dan asam lemak omega-3 membantu mendukung kesehatan kulit dan rambut.

Sesuai penelitian dari Nutrients, astaxanthin pada salmon bertindak sebagai antioksidan.

Dapat membantu mengurangi munculnya kerutan sekaligus meningkatkan elastisitas kulit, dan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

  1. Mengurangi peradangan

Asam lemak omega-3 memiliki kualitas anti-inflamasi membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

  1. Suasana hati lebih baik

Asam lemak omega-3 telah dikaitkan dengan suasana hati lebih baik. Mereka dapat melakukan perjalanan melalui membran sel otak dan berinteraksi dengan molekul berhubungan dengan suasana hati.

  1. Kesehatan tulang

Vitamin D juga terdapat pada ikan salmon membantu menjaga kesehatan tulang dan melindungi terhadap osteoporosis yaitu suatu kondisi di mana tulang menjadi lemah dan rapuh.

Mengonsumsi ikan salmon secara umum aman dan memberikan sejumlah manfaat kesehatan, namun, mungkin ada beberapa efek samping:

Kandungan merkuri: Sebaiknya konsumsi salmon dalam jumlah sedang terutama untuk anak kecil dan wanita hamil karena varietas tertentu mungkin mengandung merkuri.

Alergi: Untuk meminimalkan respons alergi, penderita alergi ikan sebaiknya menjauhi salmon dan makanan laut lainnya.

Risiko parasit: Mengonsumsi salmon mentah atau kurang matang meningkatkan kemungkinan tertular infeksi parasit sehingga sangat penting untuk memastikan ikan dimasak dengan benar untuk mengurangi risiko ini.

Interaksi Omega-3: Salmon mengandung omega-3, yang juga dapat memiliki efek pengencer darah. Mereka yang mengonsumsi pengencer darah harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memakan salmon.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #ketahui #manfaat #konsumsi #ikan #salmon #bagi #kesehatan #kulit #jantung #tulang #persendian

KOMENTAR