Pentingkah Konsumsi Buah Selama Masa Kehamilan? Begini Penjelasan Pakar Gizi
Buah-buahan bagi wanita hamil/Freepik
14:34
22 Februari 2024

Pentingkah Konsumsi Buah Selama Masa Kehamilan? Begini Penjelasan Pakar Gizi

Wita Rizki Amelia SKM, M.Gz.,RD, seorang pakar ilmu gizi klinik yang lulus dari Universitas Diponegoro, mengingatkan wanita hamil akan pentingnya mengkonsumsi berbagai macam buah setiap hari, seperti pepaya dan pisang, yang bisa menjadi pilihan yang baik.

Dikutip dari ANTARA, dalam sebuah diskusi daring yang diadakan oleh RSCM pada hari Kamis, pakar ilmu gizi mengatakan bahwa dalam sehari, penting bagi wanita hamil untuk mengkonsumsi beberapa jenis buah.

dr Wita Rizki Amelia menambahkan bahwa seringkali buah pepaya terlewatkan, padahal buah ini penting tidak hanya untuk kesehatan pencernaan, tetapi juga kaya akan vitamin A, C, dan beberapa vitamin B.

Selain pepaya, sebagai pakar ilmu gizi ia juga merekomendasikan buah pisang karena mengandung nutrisi penting seperti magnesium dan kalium.

"Dalam sehari perlu konsumsi beberapa buah-buahan. Beberapa kali kita sering melewatkan buah pepaya. Padahal perlu selain untuk pencernaan yang sehat, juga kaya vitamin A, C dan beberapa vitamin B," ujarnya dalam diskusi daring yang digelar RSCM, Kamis (9/11/23).

dr Wita Rizki Amelia juga mengungkapkan bahwa mengkonsumsi sumber kalium seperti pisang disarankan terutama bagi mereka yang merasa lelah setelah bekerja dan beraktivitas di cuaca panas.

Pakar ilmu gizi ini menjelaskan bahwa konsumsi kalium yang cukup juga dapat membantu mencegah terjadinya kram, yang juga dapat disebabkan oleh kekurangan kalsium.

"Kalau pisang kaya magnesium, kalium yang kalau ibu-ibu bekerja itu cenderung lelah. Nah ketika lelah, apalagi beraktivitas sekarang di udara panas, banyak konsumsi sumber kalium," kata dia.

Selain dari pisang, asupan kalsium juga bisa didapatkan dari sumber protein hewani, terutama susu.

Oleh karena itu, Wita Rizki Amelia mengingatkan orang-orang, termasuk wanita hamil, agar tidak melewatkan konsumsi susu kecuali jika ada intoleransi laktosa atau mengalami diare setelah minum susu.

Wita Rizki Amelia juga membahas buah lain yang dapat dikonsumsi oleh wanita hamil, yaitu nanas.

Menurutnya, wanita hamil boleh mengonsumsi nanas asalkan tidak berlebihan karena sebagian orang mengaku bahwa konsumsi buah ini dapat menyebabkan mual. Hal ini bisa terjadi karena tingginya kadar asam lambung.

Selain buah, Wita menyarankan agar wanita hamil memperhatikan asupan cairan dari air putih.

dr Wita Rizki Amelia menyarankan agar wanita hamil minum minimal satu gelas air ketika bangun tidur dan setidaknya tiga gelas air hingga pukul 09.00.

Wita juga menyarankan agar wanita hamil melanjutkan minum air putih atau modifikasi minuman seperti jus hingga malam, dengan memilih jus yang mengandung karbohidrat alami, seperti yang terdapat dalam buah-buahan.

"Lanjut sampai malam setidaknya minum air putih atau modifikasi misalnya ada jus, sebaiknya pilih yang karbohidrat alami semisal dari buah-buahan," demikian kata dia yang juga menyarankan batas asupan kopi satu gelas saja dan konsumsinya sebaiknya pada siang hari.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #pentingkah #konsumsi #buah #selama #masa #kehamilan #begini #penjelasan #pakar #gizi

KOMENTAR