Pakar Kesehatan: Program Makan Bergizi Gratis Bantu Keluarga Ekonomi Tidak Mampu
Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono membagikan makan bergizi gratis di SDN Gunung 01, Kebayoran Baru, Jaksel, Senin (3/9/2024). Sebanyak 650 paket dibagikan. 
19:40
22 Oktober 2024

Pakar Kesehatan: Program Makan Bergizi Gratis Bantu Keluarga Ekonomi Tidak Mampu

- Pengamat Kesehatan dari Griffith University Australia Dicky Budiman menyambut baik program makanan bergizi gratis. Menurutnya, program makan bergizi gratis menjadi salah satu solusi yang lebih luas dalam mengatasi permasalahan gizi di masyarakat.

Terutama pada anak usia sekolah seperti SD, SMP termasuk SMA. Keberadaan program makanan bergizi gratis menurut Dicky dapat memberikan akses yang lebih mudah kepada anak untuk memperoleh makanan sehat dan bergizi.

"Terutama bagi yang berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi. Karena dengan nutrisi yang baik, perkembangan fisik kognitif dan mental bisa lebih optimal,"ujar Dicky pada Tribunnews, Selasa (22/10/2024).

Nutrisi yang disediakan dalam program makan gratis seperti telur ikan dan buah, kata Dicky dapat menjadi sumber gizi yang penting.

Sehingga dapat membantu mengatasi kekurangan gizi pada anak. Terutama risiko kekurangan protein, vitamin dan mineral.

Seperti yang diketahui, protein hewan dari telur dan ikan dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan otot serta jaringan tubuh dari si anak.

Sementara buah menyediakan vitamin dan serat yang penting untuk metabolisme kesehatan sistem pencernaan anak. Lebih lanjut, Dicky menyarankan agar penanganan kekurangan gizi lebih efektif, perlu ada pendekatan yang komprehensif dalam program ini.

"Pendekatan ini melibatkan literasi gizi, perbaikan sanitasi, juga peningkatan kualitas makanan di rumah masing-masing. Melalui program sebetulnya cukup bisa memberikan dampak yang signifikan," tutupnya.


Editor: willy Widianto

Tag:  #pakar #kesehatan #program #makan #bergizi #gratis #bantu #keluarga #ekonomi #tidak #mampu

KOMENTAR