Ketahui 7 Cara Mencuci Buah dan Sayur dengan Benar Menurut FDA Amerika Serikat
Cara Mencuci Buah dan Sayur dengan Benar Menurut FDA Amerika Serikat. (Freepik)
14:00
21 Pebruari 2024

Ketahui 7 Cara Mencuci Buah dan Sayur dengan Benar Menurut FDA Amerika Serikat

 - Buah dan sayur merupakan bagian penting dari pola makan sehat karena kaya akan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Mereka mengandung serat, vitamin, mineral, antioksidan, serta nutrisi lainnya.

Kandungan nutrisi yang ada pada buah dan sayur dapat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh, mendukung seluruh fungsi tubuh dengan baik, serta dapat mencegah berbagai macam penyakit.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa buah dan sayuran dapat terkontaminasi oleh residu pestisida atau bahan kimia lainnya selama proses pertanian, yang dapat menyebabkan potensi risiko kesehatan bagi individu yang mengonsumsinya jika tidak dicuci dengan benar sebelum dikonsumsi.

Dilansir dari laman resmi Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat pada Rabu (21/2), FDA mencatat bahwa hampir 48 juta orang jatuh sakit setiap tahun akibat makanan yang terkontaminasi oleh kuman berbahaya, yang salah satunya berasal dari produk-produk pertanian.

Produk-produk pertanian juga bisa menjadi penyebab wabah penyakit yang disebabkan oleh makanan. Dalam beberapa tahun terakhir, Amerika Serikat telah mengalami beberapa penyakit yang disebabkan oleh terkontaminasinya sayur dan buah seperti bayam, melon, tomat, dan selada.

Seorang ahli dari FDA, Glenda Lewis, memgungkapkan bahwa produk segar seperti buah dan sayur bisa terkontaminasi melalui berbagai cara. Selama fase pertumbuhan, produk pertanian dapat terkontaminasi oleh hewan, zat berbahaya dalam tanah atau air, hingga ketidakbersihan para pekerjanya.

Setelah dipanen, produk pertanian melewati banyak proses sehingga meningkatkan risiko kontaminasi. Kontaminasi bahkan dapat terjadi setelah produk pertanian dibeli, seperti pada saat persiapan makanan, atau saat buah dan sayur disimpan di tempat penyimpanan yang tidak memadai.

Oleh karena itu, penting untuk mencuci buah dan sayur dengan benar sebelum dikonsumsi. Mencuci buah dan sayur dapat membantu mengurangi risiko paparan terhadap bahan kimia berbahaya dan menghilangkan kotoran serta bakteri yang mungkin ada pada permukaannya.

Dengan mencuci buah dan sayuran secara benar, kita dapat memastikan bahwa kita mendapatkan manfaat nutrisi yang maksimal tanpa harus khawatir tentang paparan bahan kimia berbahaya.

Anda dapat mengikuti 7 tips berikut untuk mencuci buah dan sayur dengan benar sesuai arahan dari FDA Amerika Serikat.

1. Cuci tangan Anda terlebih dahulu selama 20 detik dengan air hangat dan sabun sebelum dan setelah menyentuh buah dan sayur, hal ini berguna untuk menjaga kebersihan dan mencegah kontaminasi.

2. Jika buah dan sayur mengalami kerusakan sebelum dikonsumsi atau diproses, disarankan untuk membuang bagian yang rusak tersebut sebelum proses persiapan memasak atau konsumsi dimulai

3. Cuci buah dan sayur dengan menggunakan air mengalir sebelum proses pengupasan dilakukan, hal ini bertujuan agar kotoran dan bakteri tidak terbawa dari pisau ke permukaan buah atau sayuran.

4. Di bawah air mengalir, gosok lembut buah dan sayur menggunakan jari tangan Anda. Penggunaan sabun atau pencuci produk tidak diperlukan.

5. Saat membersihkan produk yang keras, seperti semangka, timun, dan lain-lain, gunakan sikat sayuran yang bersih untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel.

6  Selanjutnya, keringkan buah dan sayur dengan menggunakan tisu dapur guna mengurangi kelembaban yang dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri.

7. Untuk sayur kubis dan selada, sebaiknya buang daun terluar dari sebuah kepala selada atau kubis sebelum digunakan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #ketahui #cara #mencuci #buah #sayur #dengan #benar #menurut #amerika #serikat

KOMENTAR