Benarkah Konsumsi Buah Apel Minimal Satu Kali Sehari dapat Terhindar dari Penyakit Stroke? Simak Penjelasan Dokter
Apel adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia dan sering dipuji karena manfaat nutrisinya. (Freepik)
21:52
20 Februari 2024

Benarkah Konsumsi Buah Apel Minimal Satu Kali Sehari dapat Terhindar dari Penyakit Stroke? Simak Penjelasan Dokter

 

 Benarkah mengkonsumsi buah apel minimal satu kali seharidapat terhindar dari risiko penyakit stroke?

Sebagai informassi buah apel yang mempunyai nama laitin malus sylvestris mill. diketahui mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dikutip dari kanal YouTube @Dokter_Fery_TV (18/1), dijelaskan bahwa nutrisi yang terkandung dalam buah apel, yaitu vitamin C, B9 atau asam folat, Vitamin, K, E, kalium, kalsium, fosfor, serta zat antioksidan. Berikut manfaat buah apel bagi tubuh.

  1. Mencegah terjadinya stroke

Salah satu faktor penyebab terjadinya stroke adalah hipertensi dan peningkatan kadar kolesterol pada darah.

Kandungan zat-zat aktif dalam buah apel dipercaya dapat mengontrol dua faktor resiko tersebut. Caranya hanya dengan mengkonsumsi dua buah apel sehari.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Kadar gula yang tinggi dalam darah jika terjadi kurun waktu yang lama dan tidak dilakukan terapi dapat menyebabkan kerusakan berbagai organ tubuh.

Oleh karena itu selalu cek atau mengontrol kadar gula darah harus menjadi perhatian utama.

Kandungan zat aktif pada apel mampu memperlambat pencernaan makanan dan masuknya glukosa ke dalam darah. Namun untuk penderita diabetes harus tetap dalam pengawasan dokter.

  1. Dapat mencegah kanker

Cancer merupakan pertumbuhan sel yang sangat cepat dan tidak terkendali.

Selain itu cancer dapat dengan cepat menyebar ke seluruh tubuh dan juga masih menempati urutan teratas dalam penyebab kematian.

Kandungan zat antioksidan pada apel mempunyai peranan untuk meningkatkan kalimas sehingga dipercaya mencegah pertumbuhan sel cancer.

  1. Dapat mencegah terjadinya Alzheimer

Jika berbicara tentang Alzheimer identing dengan usia lanjut. Alzheimer merupakan suatu kondisi dimana terjadinya penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, berbicara serta terjadi perubahan perilaku secara berkala.

Kandungan zat pada apel seperti quercetin dapat melindungi sel-sel otak dari stress oksidatif sehingga resiko penyakit Alzheimer akan berkurang. 

  1. Mengatasi serangan asma

Gejala yang muncul jika seseorang terkena penyakit asma adalah ‘mengik’, sesak nafas, dan dada terasa berat.

Hasil dari sebuah penelitian mengatakan dengan mengkonsumsi apel secara rutin akan mengurangi resiko terjadinya asma, karena apel mengandung zat antioksidan. 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #benarkah #konsumsi #buah #apel #minimal #satu #kali #sehari #dapat #terhindar #dari #penyakit #stroke #simak #penjelasan #dokter

KOMENTAR