Mana yang Lebih Sehat, Jus Buah atau Air Kelapa? Temukan Jawabanya di Sini
Ilustrasi jus buah dan air kelapa (freepik.com)
04:30
18 Februari 2024

Mana yang Lebih Sehat, Jus Buah atau Air Kelapa? Temukan Jawabanya di Sini

- Pertanyaan tentang mana yang lebih sehat di antara jus buah dan air kelapa, sering kali membingungkan banyak orang.

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, jus buah dan air kelapa, dianggap minuman yang sehat dan menyegarkan.

Keduanya sama-sama mengandung nutrisi yang penting dan bermanfaat bagi kesehatan.

Tetapi, apakah salah satu di antara keduanya ada yang lebih unggul? Berikut analisis mana yang lebih baik, antara air kelapa atau jus buah, temukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kandungan Nutrisi

Air kelapa adalah sumber nutrisi yang menawarkan berbagai macam jenis, tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga meningkatkan kesehatan kulit dan membantu meringankan ruam pada kulit.

Sedangkan jus buah kaya akan vitamin, diantaranya ada vitamin A, B, C, dan E, yang membuat jus buah kaya antioksidan dan mineral.

Oleh karena itu, antara air kelapa atau jus buah, pilihan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Jumlah Kalori

Air kelapa mengandung kalori yang lebih tinggi dari pada jus buah. Air kelapa mengandung 60 persen lebih sedikit kalori dibandingkan jus buah.

Semisal, pada 100 gram jus apel mengandung 46 kalori, sedangkan air kelapa dengan takaran yang sama hanya memiliki 18,4 kalori.

Oleh karena itu, jika memperhatikan asupan kalori, air kelapa adalah pemenangnya, untuk menjadi pilihan yang tepat.

Kadar Gula

Kadar gula pada air kelapa, lebih rendah dari pada jus buah, sehingga cocok untuk seseorang yang memperhatikan asupan gula.

Sedangkan jus buah, khususnya yang berasal dari buah-buahan manis, mengandung banyak gula, sehingga mungkin tidak cocok untuk sebagian orang, khususnya penderita diabetes.

Memilih air kelapa, dapat menjadi pilihan bijak bagi mereka yang peduli dengan kadar gula, karena kandungan gula alami yang lebih rendah terdapat pada air kelapa.

Elektrolit dan Serat

Air kelapa kaya akan elektrolit, yang dapat menjadikan pilihan yang tepat dan sangat baik untuk tetap terhidrasi, khususnya pada situasi seperti dehidrasi, hingga permasalahan pada perut.

Sedangkan jus buah, mengandung banyak serat dibandingkan air kelapa, yang memiliki manfaat bagi kesehatan pencernaan.

Waktu yang Tepat Minum Air Kelapa

Air kelapa cocok diminum dalam berbagai situasi, mulai dari dehidrasi, mula dan maag, masalah yang berhubungan dengan perut, penurunan berat badan, pH dalam tubuh tidak seimbang, kehamilan, dan batu ginjal.

Waktu yang Tepat Minum Jus Buah

Minum jus buah dengan waktu dan situasi yang tepat, dapat memaksimalkan dalam menyerap vitamin yang terkandung.

Beberapa waktu, seperti pada saat kelemahan, anemia, kulit yang kurang sehat, metabolisme tubuh yang menurun,dan sembelit, dapat menjadi waktu yang tepat untuk minum jus buah.

Oleh karena itu, antara air kelapa dan jus buah, sama-sama merupakan sumber nutrisi yang bagi kesehatan, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tubuh setiap orang.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #mana #yang #lebih #sehat #buah #atau #kelapa #temukan #jawabanya #sini

KOMENTAR