Air Rebusan Daun Kari Membantu Menyembuhkan Penyakit? Simak Penerapannya
Manfaat Rebusan Daun Kari (https://pin.it/78yQhAHWI)
20:03
17 Februari 2024

Air Rebusan Daun Kari Membantu Menyembuhkan Penyakit? Simak Penerapannya

- Daun kari sendiri ternyata memiliki khasiat yang sangat bagus untuk menurunkan kolesterol.

Untuk kandungan pada daun kari yaitu adanya antioksidan kaya kalsium, fosfor, zat besi, yang baik untuk jantung.

Awalnya, daun kari sangat populer di India, dan sekarang menjadi favorit banyak orang di seluruh negara. Daun kari tidak hanya mudah dan cepat dibuat, tetapi juga menawarkan banyak sekali manfaat.

Daun kari kerap dijadikan bahan utama bumbu kari. Namun, fungsi daun kari bukan sebatas penambah cita rasa makanan saja.

Tanaman asli India ini ternyata juga kerap dijadikan pengobatan tradisional. Salah satu khasiatnya adalah mengontrol gula darah.

Kadar gula darah tinggi dapat terjadi saat tubuh tidak memiliki atau tidak dapat menggunakan hormon insulin dengan baik.

Bila hal tersebut terjadi, sel tubuh tidak dapat menyerap glukosa dan imunitas tubuh menjadi lemah.

Salah satu pola makan dan gaya hidup yang bisa diterapkan untuk menurunkan kadar gula darah adalah mengonsumsi air rebusan daun.

Penyakit kolesterol merupakan salah satu penyakit yang didasari dari terbentuknya lemak yang diproduksi oleh liver.

Pada umumnya kolesterol penting untuk pembentukan membran sel dan vitamin D. Namun jika terlalu berlebihan juga tidak bagus untuk kesehatan.

Dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti stroke dan jantung. Namun kita tidak perlu khawatir, karena penyakit kolesterol ini bisa diatasi dengan obat alami. Dikutip dari humas.polri.go.id

Kolesterol tinggi pemicu utama penyakit jantung. Daun kari efektif menurunkan kolesterol dan gula darah.

Kolesterol tinggi bila dibiarkan akan memicu berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, dan lainnya.

Naiknya kadar kolesterol disebabkan oleh banyak faktor beberapa diantaranya, obesitas, kurang olahraga, merokok, dan konsumsi alkohol.

Kolesterol tinggi ditandai dengan sejumlah gejala seperti mudah lelah, sering mengantuk, nyeri di bagian kaki, nyeri pada bagian dada, dan pegal di area tengkuk.

Umumnya, penderita kolesterol akan mengkonsumsi obat kimia untuk menurunkan kolesterol jahat dengan cepat.

Nyatanya, ada beberapa jenis bahan alami yang efektif membantu menurunkan kolesterol. Dikuti dari umberau.ac.id

Kandungan ini memainkan peran penting dalam menjaga tubuh dengan menangkal radikal bebas dan menekan stres oksidatif dalam website halodoc.com memaparkan Manfaat Daun Kari Guna Meningkatkan Kesehatan sebagai berikut :

1. Menurunkan Potensi Sakit Jantung

Sakit jantung dipicu oleh tingginya kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Dengan mengkonsumsi daun kari, seseorang yang berisiko mengalami lonjakan kadar kolesterol dan trigliserida bisa dicegah.

2. Bersifat Neuroprotektif

Manfaat daun kari selanjutnya yakni membantu melindungi kesehatan sistem saraf, termasuk otak.

Zat di dalamnya dapat mencegah penyakit yang berpotensi menghilangkan neuron otak, yakni Alzheimer.

Neuron sendiri merupakan unit kerja dasar otak yang dirancang untuk mengirimkan informasi ke sel-sel saraf, otot, dan kelenjar di dalam tubuh. Cara kerjanya dengan meningkatkan kadar antioksidan pelindung otak dari kerusakan.

3. Memiliki Efek Anti kanker

Daun kari mengandung senyawa yang memiliki efek antikanker. Di antaranya, girinimbine, quercetin, catechin, rutin, dan asam galat.

Kandungan tersebut mampu menghambat pertumbuhan berbagai jenis kanker agresif. Di antaranya kanker payudara dan kanker serviks.

Berbagai jenis zat yang disebutkan efektif menghambat pertumbuhan tumor dan mencegah penyebaran (metastasis) sel kanker ke paru-paru.

4. Menjaga Kesehatan Saraf

Penelitian lain juga menunjukan kalau tanaman aromatik ini bisa melindungi sistem saraf dan otak. Melalui efek tersebut, kamu bisa terhindar dari penyakit Alzheimer maupun kondisi lain yang berhubungan dengan otak.

Pengobatan ekstrak daun kari dalam dosis yang tinggi bisa meningkatkan kadar antioksidan pada otak. Penelitian lain menunjukkan tikus yang mengkonsumsi ekstrak kari selama 15 hari memiliki skor memori lebih tinggi.

5. Hambat Pertumbuhan Bakteri Penyebab TBC

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam ekstrak daun kari mampu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya.

Di antaranya Corynebacterium tuberculosis dan Streptococcus pyogenes. Corynebacterium tuberculosis adalah patogen yang berpotensi menyebabkan tuberkulosis (TBC).

Sementara Streptococcus pyogenes merupakan penyebab dari infeksi kulit yang berpotensi membahayakan nyawa.

6. Manfaat Lainnya

Adapun manfaat daun kari lainnya, yakni:

- Mengontrol kadar gula darah.

Ekstrak daun kari dapat membantu menurunkan kadar gula dan melindungi tubuh gejala yang berkaitan dengan diabetes. Misalnya, nyeri pada saraf dan kerusakan ginjal.

- Bersifat antiinflamasi

Mengkonsumsi ekstrak daun kari dapat membantu mengurangi aktivitas gen dan protein yang menjadi pemicu peradangan.

Pada pengidap alergi tanaman herbal, daun kari berpotensi memicu reaksi alergi. Kondisi ini ditandai dengan gejala, seperti gatal, ruam kulit, diare, mual, muntah, hingga sesak napas.

Dapat menurunkan kolesterol yang tinggi bagian tanaman yang biasanya digunakan adalah daun.

Daun ini kemudian direbus dengan air dan diminum bagi mereka yang menderita kolesterol tinggi.

Cara mengkonsumsi daun kari, Daun kari biasanya diolah menjadi ekstrak atau pasta untuk digunakan secara topikal (dioleskan langsung pada kulit).

Mencari obat herbal dengan ekstrak Murraya koenigii, tetapi usahakan untuk membeli produk yang sudah terdaftar di BPOM.

Sementara jika ingin mengolah Murraya koenigii sendiri, pastikan untuk memilih daun yang berkualitas dan mencucinya sampai bersih terlebih dahulu. Dikutip dari website hellosehat.com

Efek samping daun kari mengalami reaksi alergi yang ditandai dengan ruam, gatal-gatal, hingga sesak napas.

Selain itu, ada juga risiko gangguan pencernaan jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan.

Kondisi ini ditandai dengan diare, kembung, dan mual. Mengingat tumbuhan ini dapat menurunkan tekanan darah, orang dengan tekanan darah rendah sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

Begitu pula bagi Anda yang mengonsumsi obat-obatan medis seperti obat diabetes atau obat untuk tekanan darah tinggi. Interaksi antara obat medis dan herbal mungkin meningkatkan efek samping atau mengurangi keampuhan obat.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #rebusan #daun #kari #membantu #menyembuhkan #penyakit #simak #penerapannya

KOMENTAR