4 Manfaat Utama Daun Binahong, Obat Herbal yang Berkhasiat Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi daun binahong. (cabidigitallibrary.org/Forest & Kim Starr)
09:28
19 Oktober 2024

4 Manfaat Utama Daun Binahong, Obat Herbal yang Berkhasiat Bagi Kesehatan Tubuh

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan rempahnya. Selain sebagai bahan makanan, berbagai jenis tanaman pun dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk meredakan berbagai penyakit.

Salah satu tumbuhan yang terkenal dengan khasiatnya yaitu tanaman binahong. Sejak dulu, anredera cordifolia sering digunakan sebagai bahan pembuatan obat tradisional.

Berdasarkan penjelasan Guru Besar Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung, yaitu Prof. Elin Yulinah yang dilansir pada laman itb.ac.id, cara terbaik untuk menggunakan daun binahong sebagai obat tradisional ialah melalui konsentratnya, misalnya dengan cara direbus dan diminum air rebusannya.

Beberapa orang mungkin belum mengenal tanaman ini atau terkadang tau visualnya, tetapi tidak dengan namanya.

Bagi mereka yang mengetahui khasiatnya, tumbuhan merambat ini biasa sengaja ditanam di pekarangan rumah untuk dijadikan obat herbal.

Dikutip pada situs halodoc, berikut manfaat daun binahong bagi kesehatan:

Obat asam urat

Mengkonsumsi air rebusannya secara rutin dipercaya mampu menurunkan kadar purin, kandungan flavonoidnya dapat meminimalisir terjadinya asam urat.

Mengobati gagal ginjal

Konsentrat dari tanaman ini bisa meningkatkan dan memaksimalkan kinerja ginjal, misalnya pada kasus gagal ginjal kronis.

“Kita juga memeriksa khasiat obat kerjasama dengan industri, misalnya binahong obat gagal ginjal dan dislipidemia, semuanya sedang dalam tahap kerjasama bersama Kimia Farma Bandung”, ujar Prof. Elin Yulinah.

Mengatasi hipertensi dan penyakit kardiovaskular

Ekstrak dari daun binahong dapat membantu menurunkan dan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, hal ini tentu akan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

Mencegah diabetes

Terdapat 3 senyawa aktif dalam anredera cordifolia yang dapat bekerja untuk membantu meningkatkan hormon insulin, meliputi : flavonoid, steroid, dan kumarin.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #manfaat #utama #daun #binahong #obat #herbal #yang #berkhasiat #bagi #kesehatan #tubuh

KOMENTAR