Waspada, Ada 5 Bahaya Bagi Kesehatan Tubuh Makan Sushi Setiap Hari
Ilustrasi Sushi. (freepik/clickepic)
19:49
17 Oktober 2024

Waspada, Ada 5 Bahaya Bagi Kesehatan Tubuh Makan Sushi Setiap Hari

- Sushi sebagai makanan khas dari Jepang begitu banyak digemari masyarakat Indonesia. Sushi terbuat dari nasi, sayuran, dan ikan mentah yang kemudian dibungkus dan digulung dengan rumput laut.

Di Jepang, pola makan sushi memperpanjang umur, karena kandungan asam lemak EPA dan DHA yang tinggi yang ditemukan hampir di semua jenis sushi.

Saat ini, banyak restoran yang menawarkan beragam jenis makanan, termasuk masakan khas Indonesia dan cita rasa internasional. Salah satu pilihan yang banyak diminati oleh banyak orang adalah hidangan Jepang seperti sushi, sashimi, atau hidangan khas Jepang lainnya.

Dilansir laman hellosehat.com, mengonsumsi ikan mentah segar hingga kini menjadi perdebatan karena dinilai dapat memicu sejumlah gangguan kesehatan, apalagi jika terlalu sering.

Dilansir laman halodoc.com, bayangkan saja bahwa mengonsumsi ikan mentah yang sudah dibersihkan seperti sashimi saja masih perlu diragukan keamanannya. Apalagi ikan mentah yang masih berdarah.

Lantas, apa saja bahaya makan sushi yang berpotensi dialami jika terlalu sering mengonsumsinya? Berikut penjelasannya.

1. Mengandung tinggi garam

Bahaya makan sushi selanjutnya disebabkan oleh tinggi garam. Selain nasi yang dimasak dengan garam, acar sayuran juga mengandung garam.

Penyajiannya pun dilengkapi dengan kecap asin tinggi garam. Terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi garam meningkatkan risiko terkena kanker dan tekanan darah tinggi.

2. Risiko kontaminasi merkuri

Salah satu menu sushi yang terkenal adalah yang memakai bahan daging ikan tuna. Meskipun secara umum aman dikonsumsi, dalam beberapa kasus daging ikan tuna memiliki kandungan merkuri yang tinggi.

Jika mengonsumsi merkuri dalam jumlah banyak, dikhawatirkan bisa memicu kerusakan saraf dan otak. Karena alasan inilah kita harus berhati-hati dalam mengonsumsi ikan tuna.

3. Gejala Listeria

Listeria adalah infeksi serius yang disebabkan kontaminasi bakteri patogen di makanan, terutama ikan asap dan ikan mentah. Bakteri patogen seperti listeria monocytogenes, staphylococcus aureus, dan bacillus cereus bisa menimbulkan penyakit serius di usus manusia.

Penyakit ini juga sangat berbahaya bagi ibu hamil. Konsumsi ikan mentah juga berpotensi infeksi bakteri salmonella. Tidak cuma ikan, daging atau bahan lain yang tak higienis juga bisa membawa bakteri ini.

4. Infeksi bakteri salmonella

Infeksi salmonella menyebabkan gejala diare, demam, dan kram perut. Gejala dimulai dalam satu hingga tiga hari setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi.

Itulah setidaknya beberapa infeksi bakteri yang disebabkan karena mengonsumsi ikan atau daging mentah atau setengah matang. Banyak dari infeksi tersebut dapat menyebabkan gejala pencernaan, termasuk diare, mual, dan muntah. Dalam beberapa kasus, infeksi dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius.

Jadi, sebaiknya jangan mengonsumsi ikan mentah agar terhindar dari masalah kesehatan di atas. Bagi kamu yang gemar mengonsumsi ikan mentah seperti sashimi, pastikan makan tersebut higienis dan diolah dengan baik oleh profesional.

5. Keracunan scombroid

Kalau tetap ingin makan ikan mentah, lebih baik lakukan saat ikan masih segar dan dingin. Hal ini demi menghindari keracunan scombroid akibat kondisi ikan yang sudah rusak dan mengandung histamin tinggi.

Keadaan ini terbentuk jika ikan tak disimpan di suhu dingin atau terlalu lama terpapar suhu tinggi. Gejala yang ditimbulkan antara lain wajah memerah, nyeri perut, pusing, muntah, diare, dan gatal-gatal.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #waspada #bahaya #bagi #kesehatan #tubuh #makan #sushi #setiap #hari

KOMENTAR