Pusing dan Mual jadi Tanda Tekanan Darah Rendah atau Hipotensi, Kenali Gejala Lainnya yang Tidak Boleh Diabaikan
Ilustrasi seseorang mengalami hipotensi. (Freepik)
17:20
7 Februari 2024

Pusing dan Mual jadi Tanda Tekanan Darah Rendah atau Hipotensi, Kenali Gejala Lainnya yang Tidak Boleh Diabaikan

- Tekanan darah rendah atau hipotensi terjadi ketika tekanan darah menurun di bawah tingkat normal menyebabkan berbagai gejala yang dapat memengaruhi kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. Penurunan tekanan darah secara tiba-tiba bisa berbahaya karena jantung, otak, atau organ vital lainnya tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk selalu mewaspadai gejala hipotensi.

Dikutip JawaPos.com dari Healthshots, Rabu (7/2), dokter penyakit dalam Prabhat Ranjan Sinha mengatakan tekanan darah normal antara 90/60 mm Hg dan 120/80 mm Hg. Di bawah itu, maka dianggap memiliki hipotensi.

Gejala hipotensi

1. Pusing dan sakit kepala ringan

Tekanan darah rendah sering kali menyebabkan pusing dan sakit kepala ringan terutama saat berdiri tiba-tiba. Hal ini terjadi akibat berkurangnya aliran darah ke otak sehingga menimbulkan sensasi ketidakseimbangan sementara.

2. Pingsan

“Dalam kasus yang parah, tekanan darah rendah bisa menyebabkan pingsan atau sinkop. Hal ini terjadi ketika terjadi penurunan tekanan darah secara signifikan menyebabkan hilangnya kesadaran sementara karena otak kekurangan oksigen,” kata Sinha.

3. Penglihatan kabur

Orang dengan tekanan darah rendah mungkin mengalami penglihatan kabur terutama saat terjadi perubahan posisi tubuh secara tiba-tiba. Hal ini terjadi karena berkurangnya aliran darah ke mata mempengaruhi penglihatan sementara memicu objek tampak kabur atau tidak fokus.

4. Kelelahan

Tekanan darah rendah menyebabkan berkurangnya pengiriman oksigen dan nutrisi ke jaringan dan organ tubuh menimbulkan rasa lelah terus-menerus.

5. Mual dan pusing

Beberapa orang dengan tekanan darah rendah mungkin mengalami mual terutama saat berdiri dalam waktu lama atau dalam suhu panas.

6. Kulit dingin dan lembap

Hipotensi menyebabkan perubahan suhu dan tekstur kulit sehingga menjadi dingin dan lembap. Berkurangnya aliran darah ke kulit mengakibatkan penurunan distribusi panas, membuat individu dengan tekanan darah rendah lebih rentan merasa kedinginan, bahkan di lingkungan hangat.

7. Napas cepat

Tekanan darah rendah dapat mempengaruhi fungsi pernapasan, menyebabkan pernapasan cepat, dangkal, atau sesak napas. Saat tubuh mengkompensasi berkurangnya aliran darah dengan meningkatkan detak jantung dan laju pernapasan sehingga kesulitan bernapas terutama selama aktivitas fisik atau saat stres.

8. Kesulitan berkonsentrasi

Gejala kognitif seperti kesulitan berkonsentrasi atau gangguan kejernihan mental dapat terjadi pada individu dengan tekanan darah rendah. Berkurangnya aliran darah ke otak mempengaruhi fungsi kognitif menyebabkan masalah dengan fokus, memori, dan pengambilan keputusan, jelas Sinha.

9. Denyut nadi lemah atau cepat

Perubahan detak jantung dan ritme sering terjadi pada tekanan darah rendah dan beberapa orang mengalami denyut nadi yang lemah atau cepat.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #pusing #mual #jadi #tanda #tekanan #darah #rendah #atau #hipotensi #kenali #gejala #lainnya #yang #tidak #boleh #diabaikan

KOMENTAR