Makan Tahu Membuat Orang Jepang Panjang Umur, Simak Alasannya!
Ilustrasi tahu. (Freepik)
19:03
13 Oktober 2024

Makan Tahu Membuat Orang Jepang Panjang Umur, Simak Alasannya!

Jepang sudah berturut-turut tercatat menjadi negara dengan penduduk berumur panjang terbanyak di dunia. Rahasianya terletak pada gaya hidup hingga pola makan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan berbahan kacang kedelai, yaitu tahu.

Ya, mengonsumsi tahu dan produk kedelai lainnya dapat berkontribusi pada umur panjang orang Jepang. Hal itu telah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan kepada penduduk Okinawa, Jepang yang rerata penduduknya berusia 100 tahun ke atas.   Lantas, kenapa memakan tahu bisa membuat orang Jepang menjadi panjang umur? Dilansir dari berbagai sumber, simak alasannya:  

  1. Produk kedelai yang difermentasi   Sebuah studi terhadap lebih dari 92.000 orang Jepang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak produk kedelai yang difermentasi, seperti tahu, miso, tempe, dan natto, memiliki kemungkinan 10% lebih kecil untuk meninggal lebih awal.    Harapan hidup mereka memang cenderung lebih tinggi dan menjadi panjang umur dalam hidup.    2. Kacang kedelai   Kacang kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan isoflavon yang mungkin memiliki efek antikanker dan antikardiovaskuler. Hal ini tentu berpengaruh pada alasan orang Jepang banyak yang panjang umur.   

  3. Pola makan   Tak hanya mengonsumi tahu, pola makan orang Jepang biasanya mencakup kedelai, sayuran, ikan, dan nasi, serta rendah garam dan sering menggunakan kaldu sup.    4. Gaya hidup   Orang Jepang memiliki tingkat obesitas yang rendah dan pola makan unik yang menekankan makanan nabati dan ikan, serta membatasi konsumsi daging merah.    Pola makan tradisional Okinawa adalah contoh lain dari pola makan yang menekankan produk kedelai dan sayuran, serta rendah kalori dan lemak.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #makan #tahu #membuat #orang #jepang #panjang #umur #simak #alasannya

KOMENTAR