Americano Serupa Tapi Tidak Sama dengan Kopi Hitam, Kenali Kandungan dan Manfaatnya
Ilustrasi perbedaan kopi jenis espresso dengan jenis Americano. Sumber foto: (Freepik)
15:10
11 Oktober 2024

Americano Serupa Tapi Tidak Sama dengan Kopi Hitam, Kenali Kandungan dan Manfaatnya

- Americano merupakan salah satu jenis minuman kopi yang terbuat dari satu hingga dua shot espresso dan air panas. Minuman ini hampir disukai oleh semua orang, terutama mereka yang coffee addict.

Disukainya americano karena mempunyai rasa kopi yang kuat, tetapi tetap lembut. Selain itu, americano dapat disajikan hangat maupun dengan tambahan es.

Americano sekilas mungkin memiliki bahan yang sama dengan espresso dan kopi hitam. Perbedaan terdapat cara penyeduhan. Melansir laman Little Coffee Place, americano merupakan kopi dengan kadar kafein yang rendah.

Americano dibuat dengan cara menuangkan satu atau dua shot espreso dan ditambahkan air panas agar kandungan kafein dalam americano rendah. Biasanya, satu cangkir americano dengan berat 7 sampai 8 oz hanya mengandung 77 miligram kafein.

Walaupun mengandung kafein yang sedikit, mengkonsumsi americano terlalu sering juga dapat menyebabkan efek samping bagi tubuh. Misalnya, dapat menyebabkan insomnia, dehidrasi, gangguan kecemasan, hingga masalah pencernaan.

Namun, jika americano diminum dengan tepat dan tidak terlalu banyak atau sering, maka akan membawa banyak manfaat bagi tubuh.

Lalu, apa saja manfaat minum americano?

1. Kaya antioksidan

Americano ternyata mengandung banyak antioksidan yang tinggi sehingga mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Mengutip laman Kitchen Surfers, meminum americano secara teratur dapat memenuhi asupan antioksidan pada tubuh yang dapat mencegah terkena risiko penyakit jantung, kanker hingga alzheimer.

2. Rendah kalori dan gula

Americano juga merupakan minuman rendah kalori dan gula. Satu cangkir americano seberat 8 gram hanya mengandung 5 gram kalori dan 0 gram gula.

3. Rendah kafein dan mengandung banyak vitamin

Melansir laman Coffee Pursuing bahwa americano merupakan minuman kopi yang rendah kafein dan mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti magnesium dan kalium.

Magnesium berfungsi untuk kesehatan tulang dan otot, sedangkan kalium sebagai pengatur tekanan darah.

4. Dapat menurunkan berat badan

Minum americano ternyata juga dapat membuat menurunkan berat badan, hal ini dikarenakan americano mampu mempercepat metabolisme pada tubuh. Selain itu, minuman ini dapat membakar kalori pada tubuh dan menahan nafsu makan sehingga aman jika dikonsumsi pada orang yang sedang diet.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #americano #serupa #tapi #tidak #sama #dengan #kopi #hitam #kenali #kandungan #manfaatnya

KOMENTAR