Wajib Tahu, Ini Dia 6 Daftar Buah yang Cocok untuk Dikonsumsi pada Saat Sarapan
Ilustrasi buah-buahan (pexels).
14:22
11 Oktober 2024

Wajib Tahu, Ini Dia 6 Daftar Buah yang Cocok untuk Dikonsumsi pada Saat Sarapan

- Ada beberapa jenis buah yang bisa dikonsumsi untuk mengawali aktivitas di pagi hari.

Hal ini karena buah memiliki kandungan tertentu, sehingga buah bisa menjadi pilihan yang cocok dijadikan sebagai sarapan.

Berikut ini merupakan enam daftar buah-buahan yang cocok dijadikan sebagai menu sarapan yang dilansir dari laman hellosehat dan halodoc pada Jumat (11/10).

1. Pisang

Buah pertama yang dapat kamu konsumsi pada saat sarapan, yaitu buah pisang karena buah pisang sangat cocok untuk mengganjal perut.

Kamu juga bisa mengkombinasikan jus pisang dengan susu rendah lemak dan selembar roti gandum.

2. Buah Beri

Selanjutnya, yaitu semua jenis beri, seperti buah stroberi, bluberi, rasberi, dan blackberry termasuk ke dalam buah yang baik untuk dikonsumsi pada saat sarapan.

Buah beri memiliki jumlah kalori yang cukup rendah, tinggi serat, dan mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Kamu dapat menaburkan buah beri pada makanan utama sarapan kamu, seperti sereal, oatmeal, yoghurt, atau haluskan menjadi smoothie.

3. Alpukat

Buah selanjutnya yang cocok dikonsumsi pada saat sarapan, yaitu buah alpukat karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal.

Tak hanya itu, buah alpukat mengandung vitamin esensial, termasuk folat, vitamin B6, vitamin A, dan vitamin E.

Buah alpukat juga mengandung sekitar 14 gram serat dalam setiap buah ukuran sedang yang dapat memenuhi kebutuhan serat harian.

Kandungan serat yang ada di dalam buah alpukat ini dapat meningkatkan sistem pencernaan karena dapat membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik.

4. Pepaya

Buah pepaya ini mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi penglihatan, mencegah radang sendi, dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Oleh karena itu, buah pepaya ini sangat cocok untuk dikonsumsi pada pagi hari.

5. Kiwi

Buah lainnya yang sangat cocok dikonsumsi pada saat sarapan, yaitu buah kiwi. Diketahui bahwa buah kiwi ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar zat besi pada tubuh.

Kandungan zat besi di dalam buah kiwi dapat mencegah anemia dan membantu kamu lebih siap untuk menjalani aktivitas seharian.

Tak hanya itu saja, kandungan zat besi ini berkaitan erat dengan tingkat konsentrasi. Sehingga kamu bisa lebih fokus dan tidak gampang lesu.

6. Ceri

Ceri merupakan salah satu buah yang kaya akan polifenol dan vitamin C. Selain itu, buah ceri juga memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat mencegah berbagai penyakit.

Buah ceri ini juga memiliki rasa manis dan asam yang menyegarkan, sehingga bisa menjadi pilihan buah yang cocok untuk dijadikan sebagai sarapan.

Itu dia informasi mengenai enam daftar buah yang cocok dikonsumsi pada saat sarapan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #wajib #tahu #daftar #buah #yang #cocok #untuk #dikonsumsi #pada #saat #sarapan

KOMENTAR