3 Jenis Buah Kaya Akan Kolagen, Cara Alami Agar Terlihat 10 Tahun Lebih Muda
Jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan produksi kolagen baik. (Freepik/jcomp)
13:52
11 Oktober 2024

3 Jenis Buah Kaya Akan Kolagen, Cara Alami Agar Terlihat 10 Tahun Lebih Muda

- Kolagen adalah jenis protein yang berasal dari makanan tertentu, misalnya pada kulit dan tulang hewan. Tipe protein ini biasanya terdiri dari asam amino, glisin, prolin, dan hidroksiprolin.

Tubuh manusia sejatinya memproduksi collagen, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tipe protein tersebut, maka akan menghasilkan kolagen sehat.

Untuk memaksimalkan sintesis kolagen, diperlukan bantuan vitamin C agar dapat membantu menciptakan kolagen sehat. Jadi, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut agar terhindar dari gangguan produksinya.

Dikutip dari situs healthline.com, kolagen akan hilang seiring bertambahnya usia dan beberapa kebiasaan dapat mempercepat prosesnya, seperti pola makan tidak sehat, merokok, serta mengkonsumsi alkohol.

Paparan sinar matahari juga menjadi salah satu penyebabnya, sehingga kita harus memastikan untuk selalu menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas.

Hilangnya kolagen dari tubuh akan mengakibatkan munculnya tanda penuaan pada kulit, meliputi : garis halus, kerutan, kekeringan dan berkurangnya elastisitas kulit. Agar meminimalisir terjadinya hal-hal tersebut, perbanyak konsumsi buah adalah solusinya.

Berdasarkan informasi yang dikutip pada laman halodoc.com, berikut daftar buah tinggi kolagen yang baik untuk kesehatan kulit wajah:

Berry

Kandungan vitamin C dalam berry dapat membantu memaksimalkan produksi kolagen serta melindungi kulit dari efek negatif paparan sinar ultraviolet. Semua jenis buah ini mengandung kolagen baik, meliputi: stroberi, rasberi dan blackberry.

Jeruk

Tidak hanya kaya antioksidan yang dapat menangkal efek radikal bebas, buah ini terkenal dengan kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan produksi kolagen baik.

Berbagai jenis jeruk, seperti pomelo dan lemon juga kaya akan vitamin C bisa membantu regenerasi kulit dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

Buah tropis

Faktor lain yang mendukung produksi kolagen adalah zinc. Kandungan ini biasa ditemukan di beberapa jenis buah tropis, seperti jambu biji, nanas, kiwi dan mangga.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #jenis #buah #kaya #akan #kolagen #cara #alami #agar #terlihat #tahun #lebih #muda

KOMENTAR