Cara Menggunakan Obat Semprot yang Benar, Begini Penjelasan Dokter
Ilustrasi cara menggunakan obat semprot hidung yang benar. (Freepik)
14:41
30 Januari 2024

Cara Menggunakan Obat Semprot yang Benar, Begini Penjelasan Dokter

Obat semprot hidung merupakan jenis obat yang diberikan dalam bentuk semprotan. Penggunaannya yakni dengan menyemprotkan obat tersebut ke dalam hidung.

Obat semprot hidung umumnya digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan yang terkait dengan hidung, seperti masalah terkait pernapasan. Namun, selama ini masih banyak yang salah dalam menggunakan obat semprot hidung, sehingga obat semprot tidak efektif dan tidak bekerja secara maksimal.

Beberapa kesalahan yang sering terjadi seperti tidak membersihkan hidung terlebih dahulu sebelum menggunakan obat semprot, serta tidak mengikuti petunjuk penggunaan yang benar.

Sebelum menggunakan obat semprot hidung, perlu untuk membersihkan hidung terlebih dahulu dari semua lendir. Jika tidak melakukan tahap ini, obat yang disemprotkan akan tertahan lendir. Sehingga obat semprot hidung tidak bisa sampai ke mukosa hidung yang seharusnya dijangkau cairan obat.

Jadi perlu untuk mencuci hidung terlebih dahulu dengan menggunakan air atau juga bisa dengan menggunakan larutan garam yang disemprotkan ke dalam hidung. Jika tahap itu sudah selesai dilakukan, langkah selanjutnya yakni siapkan obat semprot hidung.

Kesalahan umum selanjutnya yakni, tidak mengetahui cara menggunakan obat semprot hidung yang benar. Dilansir dari Youtube @DrGerryMiche, langkah pertama yakni posisikan kepala menunduk dan lihat ke arah kaki, arahkan obat semprot untuk masuk ke lubang hidung, lalu miringkan corong obat semprotnya ke arah telinga.

Untuk lubang hidung kanan, miringkan corong obat ke arah telinga kanan dan untuk lubang hidung kiri, miringkan corong obat ke arah telinga kiri. Lalu semprotkan cairan obat ke dalam hidung.

Jangan arahkan corong untuk menyemprot obat di bagian tengah hidung, karena bagian tersebut terdapat banyak pembuluh darah. Jika pembuluh darah terkena tekanan yang berasal dari obat semprot, hal ini akan menyebabkan pembuluh darah pecah sehingga mengakibatkan hidung berdarah atau mimisan.

Jika obat sudah disemprotkan ke dalam hidung, penting untuk bernapas seperti biasa. Jangan mengambil napas terlalu dalam, karena hal ini akan memicu cairan obat masuk ke dalam tenggorokan.

Jika merasa bahwa cairan obat mengalir ke arah belakang atau ke arah tenggorokan, bisa menunduk sedikit agar cairan obat kembali ke rongga hidung. Sebaliknya, jika merasa bahwa cairan obat keluar dari lubang hidung, bisa mendongakkan sedikit kepala agar cairan obat tidak keluar melalui lubang hidung. Sangat penting untuk selalu memastikan bahwa cairan obat berada di dalam rongga hidung.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #cara #menggunakan #obat #semprot #yang #benar #begini #penjelasan #dokter

KOMENTAR