Simak Perbedaan Antara Jerawat Batu dengan Nodul, Serupa Namun Tak Sama
Ilustrasi wajah berjerawat. (Freepik)
14:24
7 Oktober 2024

Simak Perbedaan Antara Jerawat Batu dengan Nodul, Serupa Namun Tak Sama

- Jika dilihat dari kasat mata, jerawat dapat dibedakan menjadi dua, yaitu berupa benjolan merah serta bernanah di tengah. Secara umum, jerawat banar-benar dibagi 2, yaitu inflammatory dan non inflammatory acne. Namun, keduanya juga memiliki berbagai tipe lainnya.

Komedo hitam dan putih merupakan contoh dari non inflammatory acne. Sedangkan pustula, nodul, serta kistik adalah jenis jerawat meradang (inflammatory acne).

Seringkali nodul dan kistik disebut sebagai variasi yang sama. Jika dilihat sekilas, keduanya memang memiliki ciri fisik yang sama. Tetapi benarkah demikian? Artikel ini akan menjelaskan hal tersebut.

Jerawat nodul

Nodular acne disebabkan oleh terperangkapnya bakteri Cutibacterium Acnes di bawah lapiran kulit, sehingga mengakibatkan infeksi dan peradangan.

Proses penyembuhannya memakanan waktu berminggu, hingga berbulan-bulan lamanya. Tergantung cara penanganan dan jenis kulitnya.

Jerawat batu

Dilansir pada laman alodokter.com, nodulokistik terjadi karena adanya penyumbatan pada kelenjear sebasea akibat sel-sel kulit mati dan minyak berlebih.

Pada saat seseorang memasukin usia remaja, hormon androgen dalam tubuhnya akan semakin aktif dan mempengaruhi kelenjar sebasea, sehingga memproduksi minyak secara berlebih.

Jika penyumbatan pori-pori akibat minyak berlebih dan disertai masuknya bakteri, maka akan mengakibatkan peradangan serta infeksi pada kulit wajah.

Persamaan

- Disebabkan oleh penyumbatan pori-pori yang diseratai bakteri
- Risiko lebih besar apabila memiliki riwayat kelurga (genetik) dengan kondisi serupa
- Diakibatkan oleh beberapa faktor yang sama, meliputi: hormonal, keringat berlebih, produk penyumbat pori-pori, konsumsi obat tertentu, dan stres berkepanjangan
- Keduanya perlu penanganan dokter

Berdasarkan informasi yang dikutip pada situs my.clevelandclinic.org, ciri dari kedua jerawat tersebut sama, hanya saja yang membedakan adalah jerawat batu (nodulokistik) akan terasa lembut dan nyeri saat diraba karena berisi cairan nanah di bawah permukaan kulit. Sedangkan nodul, terasa lebih keras atau padat karena tidak mengandung cairan (nanah).

Untuk menghindari jerawat batu dan nodul, sebaiknya kita harus menerapkan pola hidup sehat, seperti: rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, memiliki kualitas tidur yang baik, serta mengelola stres. Pastikan selalu mencuci muka dua kali dalam sehari, serta rutin menggunakan rangkaian produk perawatan wajah.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #simak #perbedaan #antara #jerawat #batu #dengan #nodul #serupa #namun #sama

KOMENTAR