Berapa Banyak Kalori yang Terbakar Saat Lari Maraton?
Ilustrasi lari maraton [Shutterstock]
18:16
3 Oktober 2024

Berapa Banyak Kalori yang Terbakar Saat Lari Maraton?

Belakangan, lari maraton tengah digandrungi masyarakat. Bahkan, tak sedikit yang sampai mengikuti lomba lari maraton di luar negeri. Berapa kalori yang terbakar saat lari maraton ini?

Seperti olahraga lainnya, lari maraton jelas bermanfaat untuk membakar kalori dan mencapai tujuan dalam penurunan berat badan. Namun, diketahui bahwa ada beberapa variabel yang berperan dalam menentukan berapa banyak kalori yang terbakar saat lari maraton. Adapun variabel-variabel tersebut meliputi jenis kelamin, usia, berat badan, laju metabolisme basal, lingkungan tempat lari maraton, dan kecepatan lari.

Mungkin masih ada sebagian orang yang belum tahu berapa banyak kalori yang terbakar saat lari marathon. Nah untuk mengetahuinya, mari simak berikut ini penjelasannya lengkap dengan cara lebih banyak membakar kalori saat lari.

Kalori yang Terbakar Saat Lari Maraton

Baca Juga: Penting! Ini Tips Persiapan Fisik Jelang Maraton

Pelari rata-rata membakar sekitar 100 kalori per mil saat lari. Misal jika jarak lari marathon 26,2 mil, maka ini setara dengan pembakaran kalori rata-rata lebih dari 2.600 kalori. Hebatnya, ini melebihi asupan kalori harian yang direkomendasikan untuk pria dan wanita. Itu artinya, lari maraton bisa secara signifikan membantu penurunan bobot, lho. 

Cara Membakar Lebih Banyak Kalori Saat Berlari

Ada beberapa cara agar bisa lebih banyak membakar kalori saat lari. Adapun beberapa caranya sebagai berikut:

1. Lari Interval: metode lari ini menggabungkan lari cepat berintensitas tinggi dengan lari lambat/jogging dalam sekali sesi latihan. Cara kerja metode lari ini dengan mengulangnya beberapa kali secara singkat dan intens

2. Lari di Bukit: Berlari menanjak dapat menantang otot dan dapat meningkatkan pembakaran kalori. Kamu bisa masukan list rute berbukit ke dalam rutinitas lari dan rasakan manfaatnya.

Baca Juga: Fuji Disentuh Area Sensitif oleh Penggemar saat Event Maraton, Begini Tanggapannya

3. Ubah Rute Lari: Jika terbiasa lari di luar ruangan, maka cobalah untuk mertimbangkan mengubah rute rute dengan lebih banyak tanjakan atau medan yang bervariasi. Jika lebih suka lari menggunakan treadmill, sesuaikan kecepatannya.

4. Manfaatkan Jam Tangan Kebugaran: Cobalah untuk beli jam tangan kebugaran yang memungkinkan kamu untuk memantau berpa banyak kalori yang terbakar saat lari. Ini dapat membantu dalam mengukur kemajuanmu saat lari .

Demikian ulasan mengenai berapa banyak kalori yang terbakar saat lari marathon lengkap dengan cara membakar lebih banyak kalori saat lari.

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Vania Rossa

Tag:  #berapa #banyak #kalori #yang #terbakar #saat #lari #maraton

KOMENTAR