Waspadai 3 Efek Samping Olahraga Ringan Squat Jump Secara Berlebihan, Bahaya untuk Sendi dan Otot!
Ilustrasi gerakan squat jump. (Freepik)
20:24
2 Oktober 2024

Waspadai 3 Efek Samping Olahraga Ringan Squat Jump Secara Berlebihan, Bahaya untuk Sendi dan Otot!

– Menjaga kesehatan tubuh tidak hanya mengandalkan pola makan yang sehat dengan asupan nutrisi dan gizi yang seimbang, tetapi juga disertai aktivitas fisik, seperti olahraga.

Kebanyakan orang pasti tahu bahwa olahraga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kinerja jantung. Namun, di tengah kesibukan sehari-hari yang padat terkadang kegiatan fisik ini sering diabaikan.

Sebenarnya ada banyak opsi aktivitas fisik yang dapat dilakukan di rumah tanpa harus ke luar ruangan atau pusat kebugaran, misal squat jump. Meski termasuk olahraga ringan, bukan berarti dilakukan berlebihan karena ada efek samping yang mesti diwaspadai.

Dilansir dari Ayo Sehat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), squat jump merupakan salah satu olahraga kardio dengan posisi jongkok, lalu loncat setinggi mungkin, dan mendarat dalam posisi jongkok seperti awal.

Adapun manfaat dari melakukan latihan squat jump merangkum dari Health Shots, antara lain:

  • Memperkuat otot kaki
  • Mengencangkan bagian bokong
  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
  • Membakar kalori dalam jumlah yang signifikan secara efektif
  • Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh
  • Meningkatkan lompatan vertikal

Namun, apabila olahraga ringan satu ini dilakukan secara berlebihan dan tanpa mempertimbangkan gerakan sudah tepat atau belum, maka hanya akan memicu efek samping, seperti:

Menyebabkan nyeri sendi dan otot

Melakukan gerakan squat jump tanpa aturan hanya akan menyebabkan peradangan pada sendi, yang akhirnya mengakibatkan nyeri sendi, khususnya di bagian lutut dan pergelangan kaki.

Selain sendi, kesalahan dalam gerakan squat jump juga dapat meningkatkan risiko terjadinya rasa nyeri pada otot yang muncul setelah latihan baru atau latihan yang intens.

Menyebabkan nyeri di sepanjang tulang kering (shin splints)

Shin splints dapat terjadi apabila latihan squat jump dilakukan berlebihan, yang akhirnya menyebabkan nyeri di sepanjang tulang kering dan dapat diperburuk ketika intensitas gerakan tinggi.

Menyebabkan sakit punggung

Gerakan yang tidak tepat, khususnya bentuk tubuh dan berat badan yang berlebihan saat melakukan squat jump dapat menyebabkan efek samping sakit punggung pada seseorang dikarenakan rasa tegang, yang akhirnya memicu nyeri.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #waspadai #efek #samping #olahraga #ringan #squat #jump #secara #berlebihan #bahaya #untuk #sendi #otot

KOMENTAR