Kenali Ciri-ciri Penyakit Menular Mumps atau Gondongan Pada Orang Dewasa
ilustrasi gondongan. (Freepik)
13:16
28 September 2024

Kenali Ciri-ciri Penyakit Menular Mumps atau Gondongan Pada Orang Dewasa

 

Gondongan atau mumps adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus dan biasanya menyerang kelenjar air liur.

Sebagai informasi, kelenjar air liur terdiri dari parotis (kelenjar terbesar yang terletak di dekat telinga), submandibula (terletak di bawah rahang), sublingual (terletak di bawah lidah), dan kelenjar kecil lainnya.

Mumps dapat menyebabkan parotitis atau pembengkakan kelenjar parotis pada area di mana kelenjar air liur tersebut berada.

Dilansir laman halodoc.com dan alodokter.com, pembengkakan ini bisa dialami oleh siapa saja, namun paling sering terjadi pada orang dewasa.

Komplikasi gondongan lebih sering terjadi pada orang dewasa dari pada anak-anak dan mungkin termasuk:

- Meningitis atau ensefalitis. Ini adalah peradangan pada selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang atau radang otak.

Ini dapat menyebabkan konsekuensi serius, termasuk kejang, stroke, atau kematian.

- Orkitis. Ini adalah peradangan dan pembengkakan pada salah satu atau kedua testis. Kondisi ini dapat menurunkan kemampuan seseorang untuk memproduksi sperma. Dalam kasus yang jarang terjadi, kondisi ini dapat menyebabkan kemandulan.

- Parotitis. Ini adalah peradangan dan pembengkakan pada satu atau kedua kelenjar parotis di wajah, di depan telinga.

- Ooforitis. Ini adalah peradangan pada satu atau kedua ovarium. Dalam kasus yang jarang terjadi, kondisi ini dapat membuat seseorang sulit untuk hamil.

Ciri-ciri penting tentang gondongan pada orang dewasa

Gondongan adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini sering terjadi pada masa kanak-kanak tetapi sebagian besar dapat dicegah dengan vaksin.

Seseorang dapat menyebarkan penyakit gondongan melalui batuk, bersin, atau berbicara.

Penyakit ini juga dapat menyebar melalui penggunaan barang-barang seperti cangkir dan peralatan makan secara bergantian. 

Dan dengan menyentuh benda-benda dengan tangan yang belum dicuci, yang kemudian disentuh oleh orang lain.

Gejalanya meliputi pembengkakan kelenjar di bagian depan leher atau di depan telinga, kesulitan mengunyah, demam, sakit kepala, serta nyeri dan nyeri tekan pada testis.

Perawatannya sering kali terbatas pada obat pereda nyeri dan banyak cairan. Terkadang istirahat di tempat tidur diperlukan selama beberapa hari pertama.

Komplikasi dapat mencakup meningitis atau ensefalitis, radang jaringan payudara, pankreatitis, dan ketulian

  ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kenali #ciri #ciri #penyakit #menular #mumps #atau #gondongan #pada #orang #dewasa

KOMENTAR