Berikut 4 Tanda Jika Asam Urat yang Anda Alami Semakin Parah, Salah Satunya Terjadi Benjolan
Ilustrasi orang mengalami asam urat. (Marque Medical)
00:08
22 September 2024

Berikut 4 Tanda Jika Asam Urat yang Anda Alami Semakin Parah, Salah Satunya Terjadi Benjolan

–Beberapa orang sering menderita penyakit asam urat setelah makan makanan tertentu. Saat mengalaminya, darah Anda mengandung terlalu banyak asam urat, zat yang diproduksi tubuh saat memecah makanan.

Asam urat terbentuk menjadi kristal yang berkumpul di sekitar sendi. Jika area tersebut meradang, terjadilah dampak asam urat yang disertai pembengkakan, kemerahan, dan nyeri.

Bila kadar asam urat dalam darah tetap tinggi, kristal-kristal akan terbentuk di sekitar sendi Anda. Lalu, bagaimana jika tanda asam urat mulai terlihat semakin parah? Dalam artikel ini akan memberikan empat hal tersebut, sebagaimana dilansir Webmd.

  1. Kerusakan permanen pada tulang

Penyakit asam urat akan sering kambuh dan berlangsung lebih lama. Akibatnya peradangan akan merusak secara permanen bagian tulang dan tulang rawan Anda.

  1. Menyebar di bagian tubuh lainnya

Mengalami sakit di sendi pangkal jempol kaki, sering dialami oleh setengah dari penderita asam urat. Bila penyakit ini terus dialami akan mempengaruhi bagian tubuh yang lain seperti pergelangan kaki dan lutut.

  1. Munculnya benjolan

Tofi merupakan kristal asam urat yang mulai terkumpul di jaringan lunak dan membentuk benjolan. Bagian tubuh seperti tangan, jari, siku, dan telinga sering muncul benjolan tersebut.

  1. Masalah ginjal

Terlalu banyak asam urat juga dapat merusak organ tubuh, salah satunya ginjal. Bagian tubuh tersebut berfungsi untuk membuang asam urat. Tanda-tanda bahwa asam urat mulai parah yaitu mengalami batu ginjal dan gagal ginjal.

Konsultasikan ke dokter jika asam urat mulai memburuk. Dokter akan memberikan obat untuk menjaga kadar asam urat tetap rendah dan mencegah serangan dan komplikasi.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #berikut #tanda #jika #asam #urat #yang #anda #alami #semakin #parah #salah #satunya #terjadi #benjolan

KOMENTAR