Dada Sebelah Kiri Terasa Nyeri dan Panas Diikuti Rasa Mual, Waspada Gejala Awal Serangan Jantung
Ilustrasi: Rasa nyeri pada dada sebelah kiri bisa jadi tanda awal penyakit jantung. (Emergency Physicians)
17:51
19 September 2024

Dada Sebelah Kiri Terasa Nyeri dan Panas Diikuti Rasa Mual, Waspada Gejala Awal Serangan Jantung

Serangan jantung akut atau infark miokard akut, adalah kondisi medis yang memerlukan perhatian segera. Karena berpotensi menyebabkan kerusakan jantung permanen dan berisiko tinggi terhadap keselamatan pasien.

Penyebab utama serangan jantung adalah penyumbatan pada salah satu arteri koroner yang memasok darah ke otot jantung. 

Hal itu disampaikan Dr. dr. Antonia Anna Lukito Sp.JP(K), FIHA, FAPSIC, FAsCC, FSCAI, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Siloam Lippo Village Karawaci.  Dia menjelaskan, penyumbatan ini biasanya disebabkan oleh pembekuan darah yang terbentuk di permukaan plak aterosklerosis. Yaitu penumpukan lemak dan zat lain di dinding dalam arteri. 

"Ketika aliran darah terganggu, bagian otot jantung yang terkena tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan atau kematian sel-sel jantung," jelas dr. Anna kepada wartawan di Jakarta, Kamis (19/9).

Anna melanjutkan, jika tidak ditangani dengan cepat, maka kerusakan ini dapat berlanjut dan menimbulkan komplikasi serius seperti gagal jantung atau kematian mendadak.

Tua muda bisa kena serangan jantung. Waspadalah, yang perlu dicatat adalah gejala serangan jantung dapat mencakup nyeri dada yang menjalar ke lengan kiri, bahu, rahang bawah, dan dapat menyebabkan sesak napas serta rasa mual

"Jika seseorang mengalami gejala-gejala tersebut, mencari bantuan medis di Instalasi Gawat Darurat (IGD) sesegera mungkin adalah langkah yang sangat penting," lanjut dr. Anna.

Dia menuturkan, penanganan serangan jantung akut harus dilakukan melalui protokol yang ketat. Dimulai dengan evaluasi cepat dan tepat di IGD, diikuti dengan tindakan medis yang sesuai untuk mengurangi kerusakan jantung dan meningkatkan kemungkinan pemulihan penuh.

Salah satunya adalah dengan Percutaneous Coronary Intervention (PCI). Prosedur medis tersebut adalah cara untuk membuka penyumbatan pada arteri koroner dan mengembalikan aliran darah ke jantung.

Prosedur ini dilakukan dengan memasukkan kateter melalui pembuluh darah di lengan atau paha, yang kemudian diarahkan ke arteri koroner yang mengalami penyumbatan. 

"Setelah kateter berada di lokasi yang tepat, dokter dapat menggunakan balon kecil yang dipompa untuk membuka penyumbatan atau menempatkan stent (penyangga arteri jantung) untuk menjaga arteri tetap terbuka," ungkap dr. Anna.

PCI merupakan metode minimal invasif dan sering kali merupakan pilihan utama dalam penanganan serangan jantung akut. Karena efektivitasnya dalam mengembalikan aliran darah secara cepat dan mengurangi kerusakan otot jantung.

Salah satu keuntungan utama PCI adalah kemampuannya untuk dilakukan secara darurat yang merupakan langkah penting ketika serangan jantung terjadi. Prosedur ini biasanya dilakukan di Catheterization Lab, yaitu sebuah ruangan yang dilengkapi dengan teknologi canggih untuk memantau dan mengendalikan tindakan secara real-time

Selama PCI, dokter dapat melihat gambar arteri jantung secara langsung melalui pemantauan fluoroskopi (pemeriksaan sinar-X langsung). Memungkinkan mereka untuk menentukan dengan akurat lokasi penyumbatan dan menyesuaikan tindakan mereka. 

Prosedur tersebut diklaim bertujuan tidak hanya untuk membuka penyumbatan, tetapi juga untuk mencegah penyumbatan kembali. Dengan menempatkan stent yang dirancang khusus untuk menopang dinding arteri.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #dada #sebelah #kiri #terasa #nyeri #panas #diikuti #rasa #mual #waspada #gejala #awal #serangan #jantung

KOMENTAR