Tips Pola Makan Agar Awet Muda dan Panjang Umur dari Penduduk yang Rerata Hidup hingga 100 Tahun ke Atas di Dunia
Ilustrasi dua orang tua sehat. (Freepik)
10:51
18 September 2024

Tips Pola Makan Agar Awet Muda dan Panjang Umur dari Penduduk yang Rerata Hidup hingga 100 Tahun ke Atas di Dunia

Penuaan adalah hal yang pasti terjadi pada tiap manusia. Namun, tahukah Anda bahwa penuaan dan umur panjang bisa "diakali" dengan pola makan yang benar dalam kehidupan sehari-hari?   Jawabannya, ta, bisa. Pola makan yang baik telah dibuktikan penduduk dari Zona Biru yang rata-rata hidup di atas usia 100 tahun.   Ada beberapa daerah yang termasuk dalam Zona Biru, yaitu Ikaria, Yunani; Okinawa, Jepang; Nicoya, Kosta Rika; dan Loma Linda, California. Kebanyakan dari penduduk mereka adalah orang-orang yang awet muda dan panjang umurnya.   

  Dilansir dari The Conversation, kunci awet muda dan panjang umur dari orang-orang di Zona Biru bisa jadi terletak pada pola makannya.    Dalam hal pola makan, sebetulnya setiap daerah di Zona Biru memiliki pendekatannya sendiri. Dengan begitu, satu makanan atau nutrisi tertentu tidak berarti otomatis membuat umur panjang.   Namun yang pasti, pola makan yang kaya akan makanan nabati (seperti sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan yang ditanam secara lokal) tampaknya cukup konsisten mampu membuat penduduk Zona Biru awet muda dan panjang umurnya.    Ssbut saja umat Advent Hari Ketujuh di Loma Linda yang sebagian besar adalah vegetarian. Bagi para centenarian di Okinawa, asupan flavonoid (senyawa kimia yang biasanya ditemukan pada tanaman) yang tinggi dari ubi jalar ungu, kedelai, dan sayuran, telah dikaitkan dengan kesehatan kardiovaskular yang lebih baik – termasuk kadar kolesterol yang lebih rendah dan insiden stroke serta penyakit jantung yang lebih rendah.   Di Nicoya, konsumsi beras dan kacang-kacangan yang diproduksi secara lokal dikaitkan dengan panjang telomer yang lebih panjang. Telomer adalah bagian struktural di ujung kromosom kita yang melindungi materi genetik. Telomer kita semakin pendek setiap kali sel membelah – jadi semakin pendek seiring bertambahnya usia.  

  Namun, jangan berhenti di situ. Menjadi vegetarian bukanlah satu-satunya rahasia untuk awet muda dan panjang umur. Penduduk Sardinia, misalnya, daging dan ikan dikonsumsi dalam jumlah sedang, selain sayuran yang ditanam secara lokal dan makanan tradisional seperti roti biji ek, pane carasau (roti pipih sourdough), madu, dan keju lunak.   Hal lainnya adalah banyak penduduk di wilayah zona biru mengkonsumsi minyak zaitun, anggur dalam jumlah sedang sekitar 1-2 gelas sehari, dan teh.    Mengonsumsi semua ini mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel kita dari kerusakan seiring bertambahnya usia. Jadilah mereka panjang umur dan awet muda.    Dengan kombinasi efek perlindungan berbagai nutrisi dalam pola makan para centenarian inilah yang menjelaskan umur panjang mereka yang luar biasa.   Anda juga harus pelajari ini: makanan para penduduk di Zona Biru biasanya disiapkan segar di rumah. Pola makan tradisional di zona biru juga tampaknya tidak mengandung makanan olahan, makanan cepat saji, atau minuman manis yang dapat mempercepat penuaan.   Jadi mungkin sama pentingnya untuk mempertimbangkan apa yang tidak dilakukan oleh populasi yang berumur panjang ini, seperti apa yang mereka lakukan.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #tips #pola #makan #agar #awet #muda #panjang #umur #dari #penduduk #yang #rerata #hidup #hingga #tahun #atas #dunia

KOMENTAR