5 Teh Herbal Ini Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol Jahat, Ada Teh Kembang Sepatu hingga Teh Jahe
Teh jahe adalah salah satu teh yang menurunkan kadar kolesterol jahat . (Recipes.net)
08:20
16 September 2024

5 Teh Herbal Ini Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol Jahat, Ada Teh Kembang Sepatu hingga Teh Jahe

 

 – Apakah Anda sering mengalami kelelahan, rasa tidak nyaman, sesak napas atau rasa berat di dada? Ini adalah tanda-tanda dari peningkatan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Dalam jangka panjang, kolesterol ini bisa memengaruhi kesehatan jantung dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Namun, kolesterol ini tentu dapat dikelola dengan menjalani gaya hidup sederhana, diet seimbang dan olahraga teratur.

Menariknya, menambahkan teh herbal ke dalam makanan juga dapat membantu mengurangi penumpukan kolesterol jahat di arteri dan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Berikut beberapa teh herbal ampuh turunkan kadar kolesterol jahat sebagaimana dilansir dari laman Times of India, Senin (16/9):

  1. Teh hijau

Teh hijau dikenal karena banyak manfaatnya bagi kesehatan termasuk perannya dalam mengelola kadar kolesterol. Teh ini mengandung kaya akan katekin yang dikenal sebagai antioksidan.

Uniknya, teh hijau ini dapat membantu mengurangi kolesterol LDL atau jahat sekaligus meningkatkan kolesterol HDL atau yang baik. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum teh hijau secara teratur dapat meningkatkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Untuk memasukkan teh ini ke dalam menu makanan, Anda bisa seduh beberapa kantong teh hijau atau daunnya dalam air panas selama 3-5 menit. Minum 1-2 cangkir setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

  1. Teh kembang sepatu

Teh kembang sepatu terbuat dari kelopak bunga kembang sepatu yang dikeringkan. Teh ini merupakan pilihan lain yang sangat baik untuk mendukung kesehatan jantung.

Teh ini mengandung kaya akan antioksidan dan antosianin yang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Teh ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Anda bisa seduh teh kembang sepatu dengan merendam kelopak atau kantong teh kering dalam air mendidih selama 5-7 menit lalu nikmati dalam hangat atau dingin sekitar 1-2 kali sehari.

  1. Teh bawang putih

Bawang putih telah terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan jantung termasuk kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol.

Teh bawang putih ini memanfaatkan senyawa aktif dalam bawang putih seperti allicin yang dapat membantu mengurangi kolesterol LDL dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

Anda bisa merebus siung bawang putih yang dihancurkan dalam air selama 5-10 menit lalu saring dan minum. Anda juga bisa menambahkan perasan lemon untuk menambah rasa dan manfaat kesehatan.

  1. Teh kunyit

Teh kunyit dikenal sebagai susu emas jika dibuat dengan susu. Teh ini mengandung kurkumin yaitu senyawa dengan sifat anti peradangan dan antioksidan yang kuat.

Kurkumin sendiri dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan mencegah oksidasi kolesterol sehingga mampu berkontribusi terhadap penyakit jantung.

Untuk membuat minuman ini, campurkan 1 sendok teh bubuh kunyit dengan air panas atau susu. Anda juga dapat menambahkan sedikit lada hitam untuk meningkatkan penyerapan kurkumin. Anda bisa minum teh ini sekali atau dua kali sehari.

  1. Teh jahe

Jahe memang dikenal luas karena khasiatnya sebagai anti radang dan antioksidan. Teh jahe dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mendukung kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

Konsumsi secara teratur dapat menurunkan konsumsi LDL dan meningkatkan sirkulasi darah.

Untuk membuat teh ini, Anda bisa rebus irisan jahe segar dalam air selama 10 menit, lalu saring dan minum. Anda dapat menikmati teh jahe 1-2 kali sehari. ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #herbal #ampuh #turunkan #kadar #kolesterol #jahat #kembang #sepatu #hingga #jahe

KOMENTAR