Ketahui Manfaat Luar Biasa Kunyit bagi Kesehatan Kulit, Cegah Penuaan Dini hingga Atasi Stretch Mark
Kunyit berkhasiat dalam perawatan kulit, salah satunya mencegah penuaan dini dan mampu mengatasi stretch mark. (health.com)
06:50
16 September 2024

Ketahui Manfaat Luar Biasa Kunyit bagi Kesehatan Kulit, Cegah Penuaan Dini hingga Atasi Stretch Mark

Kunyit dikenal sebagai salah satu rempah yang banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk bumbu masakan maupun obat herbal. Namun, siapa sangka bahwa kunyit juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kulit, terutama kulit wajah.

Bahkan, kunyit sudah banyak digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan produk perawatan kulit atau skin care karena kandungan bahannya yang kompleks. Dilansir dari Healthline, kunyit mengandung kurkumin, yakni salah satu antioksidan dan antiperadangan yang mampu melawan berbagai masalah pada kulit wajah.

Kurkumin berperan sebagai komponen bioaktif dengan sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada kulit wajah. Simak deretan manfaat kunyit bagi kesehatan kulit wajah berikut.

1. Mencerahkan kulit

Kunyit mengandung antioksidan yang kuat dan kurkumin yang menenangkan. Kunyit dapat membantu mencerahkan kulit secara keseluruhan, memperbaiki warna kulit, dan meremajakan kulit yang tampak kusam.

Jenis rempah satu ini juga mampu menghambat produksi melanin, pigmen yang bertanggung jawab atas bintik hitam dan jenis hiperpigmentasi lainnya.

Jika produk perawatan kulit berbahan dasar kunyit digunakan secara rutin, maka akan membantu noda-noda ini memudar secara alami sehingga warna kulit tampak lebih merata.

2. Mencerahkan kantung mata

Kunyit dengan khasiatnya yang menenangkan dan mencerahkan kulit, dapat merangsang sirkulasi untuk membantu mengurangi bengkak dan kegelapan di bawah mata yang disebabkan oleh sirkulasi yang buruk.

3. Cegah penuaan dini

Kunyit juga menghambat elastase, enzim yang menyerang kemampuan kulit wajah untuk memproduksi elastin. Jika produksi elastin melambat, garis-garis halus, kerutan, penuaan dini, dan kulit kendur akan lebih mungkin muncul.

4. Membantu menenangkan kondisi kulit

Sifat antiperadangan, menenangkan, dan membersihkannya membuat kunyit dapat membantu meringankan kondisi kulit, seperti eksim.

Selain memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri yang membantu menargetkan sumber kondisi seperti eksim, kunyit juga dapat menghambat aktivitas PhK, yakni protein yang terkait dengan psoriasis.

5. Mencegah tumbuhnya jerawat

Kunyit memiliki sifat pembersih, sehingga dapat membantu mencegah penyebaran kotoran. Sementara itu, sifat menenangkannya dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi kemerahan.

6. Melindungi kulit dari bahaya sinar UV

Dilansir dari laman Neutrogena, penelitian telah menemukan krim pelembab yang mengandung kunyit memiliki kemampuan untuk memperbaiki tampilan garis-garis halus dan bintik-bintik coklat yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari.

Cara kerja produk ini adalah dengan membantu mencegah kulit kehilangan elastisitasnya akibat paparan sinar UV jangka panjang.

7. Mencegah kemunculan stretch mark

Ingat kembali kekuatan antioksidan kunyit, yang memiliki kemampuan untuk menembus dan meningkatkan fungsi sel-sel membran kulit, yang membantu mencegah dan mengobati stretch mark.

8. Melembapkan kulit kering

Kunyit dapat menghidrasi dan menyegarkan kulit secara mendalam sekaligus meringankan gejala kekeringan. Hal ini dikarenakan produk ini secara alami mempercepat proses pembuangan sel kulit mati sehingga kulit tampak sehat dan lembut, serta melindungi sel kulit dari kerusakan lebih lanjut.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #ketahui #manfaat #luar #biasa #kunyit #bagi #kesehatan #kulit #cegah #penuaan #dini #hingga #atasi #stretch #mark

KOMENTAR