Tips Cegah Diabetes pada Anak, Kenali Makanan yang Layak Dikonsumsi si Buah Hati
ILUSTRASI: Buah-buahan yang ampuh bakar lemak perut. (Freepik)
19:43
6 September 2024

Tips Cegah Diabetes pada Anak, Kenali Makanan yang Layak Dikonsumsi si Buah Hati

- Kasus diabetes pada anak disebut mengalami tren meningkat. Bahkan peningkatannya mencapai 70 persen. Salah satu pemicunya karena si buah hati kerap mengonsumsi makanan ultra proses atau Ultra Processed Food (UPF).

Erwin Setiawan dari Anak Pangan Indonesia mengatakan, makanan ultra proses atau Ultra Processed Food (UPF) menghasilkan kalori ekstra dan dapat menambah berat badan meningkat. Hal itu disebabkan kepadatan kalori, rendah serat, tinggi lemak, gula, dan garam.

"Diet olahan ultra proses yang dikonsumsi secara signfikan lebih banyak sekitar 500 kalori per hari," kata Erwin dalam webinar pada Jumat (6/9). Webinar itu membahas pemicu meningkatnya diabetes pada anak. Webinar itu dalam rangka Pura 7th Anniversary.

Dalam mencegah diabetes pada anak, Erwin menyarankan agar anak-anak mengonsumsi real food. Apalagi Indonesia sangat kaya dengan bahan pangan. Tidak hanya itu, di sejumlah daerah ada begitu banyak jenis makanan yang diolah dari real food. "Sejatinya anak-anak Indonesia ini sehat-sehat asalkan mereka tidak mengonsumsi UPF atau makanan ultra proses," ujarnya.

Adapun sumber real food itu yakni umbi, daging, sayur, dan biji-bijian. Semua itu adalah pangan lokal. "Kita tidak kekurangan bahan pangan real food, jadi tidak ada alasan bagi kita memilih UPF," tegasnya.

Erwin mengakui bahwa setiap hari manusia bertemu dengan produk makanan yang mengalami UPF. Makanan itu sudah diubah dari bentuk aslinya. Contohnya jus semangka atau nanas. Jus itu merupakan hanya mengambil sari buah jadi konstentrat. "Meski sayuran, itu tetap UPF karena mengandung pewarna, pemanis, pengemulsi, dan pengawet sehingga menimbulkan ketergantungan dan ketagihan," bebernya.

Kecap manis tanpa kedelai dari Pura. (Istimewa)

Dia mengingatkan bahwa industri makanan adalah sebuah bisnis. Meskipun industri makanan itu menerapkan food protection, food perspective, dan food regulation. Untuk food protection yaitu food safety dan food fraud. Food perspective meliputi nutrition values, thruthful labeling, preferred taste, consistency, dan comformity.

Begitu juga dengan anak-anak mengonsumsi gula, dia menyarankan orang tua untuk memperhatikan sarapan. Menurut dia, selama ini banyak orang tua menyediakan sarapan untuk anaknya yang kurang benar. Contohnya sarapan sereal atau roti dan susu. "Sebenarnya itu adalah gula gurih dan gula asin. Itu yang kemudian membuat anak mengonsumsi gula double," katanya.

Sementara itu, konselor laktasi dokter Shane Tuty Cornish mengemukakan cara mencegah diabetes dapat dilakukan dengan menjaga berat badan ideal. Jika berat badan berlebih, maka upayakan untuk menguranginya sekitar 5-10 persen dengan diet kalori dan rendah lemak.

"Perbanyak makan buah dan sayur, kurangi minuman manis dan bersoda, aktif berolahraga setidaknya selama 30 menit dalam sehari, serta batasi penggunaan gadget," kata Shane Tuty Cornish.

Untuk anak di atas dua tahun boleh diberi makanan ringan seperti bubur kacang hijau, buah, dan jajanan pasar. Sebisa mungkin hindari makanan ringan yang mengandung gula tinggi.

Dia menuturkan bahwa anak sehat adalah cerminan orang tua. Sebagai orang tua harus memberikan contoh yang baik.

Shane Tuty menyebut bahwa komplikasi diabetes pada anak adalah retinopati diabetik, glaukoma, katarak, kerusakan saraf, penyakit pembuluh darah yakni serangan jantung dan stroke, penyakit gusi, kerusakan gigi, infeksi dan masih banyak lagi.

Dengan fenomena kesehatan seperti itu, Pura meluncurkan kecap manis yang natural dan sehat, bebas allergen, sekaligus rendah gula dan kalori. Chief Marketing Officer Pura Monica Liando mengatakan, Pura Kecap Manis adalah inovasi yang telah kami persiapkan dengan matang untuk menjawab kebutuhan konsumen yang menginginkan produk yang lebih sehat tanpa mengorbankan rasa. “Kami percaya produk ini akan menjadi pilihan utama keluarga Indonesia yang peduli dengan kesehatan.”

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #tips #cegah #diabetes #pada #anak #kenali #makanan #yang #layak #dikonsumsi #buah #hati

KOMENTAR