Reshuffle Kabinet Jokowi di Akhir Masa Jabatan: Bahlil Digeser, Rosan Masuk?
Presiden Joko Widodo (keempat kanan) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo (kanan) didampingi Menhan Prabowo Subianto (keempat kiri) memberikan penghormatan kepada peserta upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di lapangan upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/app/wpa]
08:22
19 Agustus 2024

Reshuffle Kabinet Jokowi di Akhir Masa Jabatan: Bahlil Digeser, Rosan Masuk?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik sejumlah menteri dan kepala badan di Istana Negara, Jakarta, Senin hari ini.

"Hari ini, Senin, tanggal 19 Agustus 2024, pukul 09.30 WIB, Bapak Presiden diagendakan akan melantik beberapa Menteri, Wakil Menteri dan beberapa Kepala Badan di Istana Negara," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana sepeti dikutip dari Antara di Jakarta, Senin (19/8/2024).

Ari menjelaskan,  menteri dan kepala badan yang akan dilantik Presiden adalah Menteri Hukum dan HAM, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Kemudian, Menteri Investasi, Wakil Menteri Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Baca Juga: Jokowi Lantik Menteri Baru Hari Ini, Yasonna Laoly Pasrah!

"Pengangkatan menteri, wakil menteri dan kepala badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif," ujar Ari.

Terkait siapa nama-nama menteri, wakil menteri dan kepala badan yang akan dilantik, Ari meminta wartawan menunggu pelantikan resmi di Istana nanti.

Sebelumnya beredar informasi di kalangan wartawan mengenai perombakan kabinet yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo Senin hari ini.

Salah Satuntya, Menteri ESDM Arifin Tasrif yang akan digantikan oleh Bahlil Lahadalia yang kini masih menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM. 

Kemudian, ada nama Mantan Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani yang juga dikabarkan mengisi posisi Menteri Investasi/Kepala BKPM menggeser Bahlil.

Baca Juga: Isu Reshuffle Menguat di Sisa Jabatan, Jokowi Hari Ini Lantik Menteri Baru di Istana

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #reshuffle #kabinet #jokowi #akhir #masa #jabatan #bahlil #digeser #rosan #masuk

KOMENTAR