Ciputra Life Catatkan Pendapatan Premi Rp 460 Miliar di 2023
Ciputra Life mencatatkan kinerja positif selama 2023 dengan membukukan total pendapatan premi sebesar Rp460,1 miliar.
19:24
14 Agustus 2024

Ciputra Life Catatkan Pendapatan Premi Rp 460 Miliar di 2023

PT Asuransi Ciputra Indonesia (Ciputra Life) mencatatkan kinerja positif selama 2023 dengan membukukan total pendapatan premi sebesar Rp460,1 miliar atau tumbuh 43 persen dibandingkan pendapatan di 2022 yakni Rp322,7 miliar.

Pendapatan jumbo ini turut berdampak pada kenaikan laba komprehensif Ciputra Life yang pada 2022 ada di angka Rp460 juta, naik drastis jadi Rp8,45 miliar di 2023.

“Ciputra Life yang baru berusia 7 tahun ini telah berhasil mencetak laba komprehensif sebesar Rp8,45 miliar di tahun 2023.Tercatat, Ciputra Life pertama kali mencetak laba komprehensif di tahun ke-6 beroperasi yaitu sebesar Rp460 juta di tahun 2022,” kata Direktur Utama Ciputra Life Hengky Djojosantoso dalam konferensi pers di Gedung Ciputra World 1, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2024).

Hengky menjelaskan kalau perusahaan asuransi jiwa biasanya di tahun-tahun awal pendirian akan mengalami kerugian dikarenakan pertanggungannya terhadap nasabah hingga jangka panjang sehingga premi yang diterima tidak boleh diakui semua sebagai pendapatan.

Baca Juga: Kapal Pengangkut Batubara Milik Anak Usaha PLN Kini Dilindungi Asuransi Askrindo

Sementara Ciputra Life, menurut Hengky, menjadi perusahaan asuransi jiwa tercepat di Indonesia di mana pada tahun ke-6 (2022) dan ke-7 (2023) perusahaan beroperasi sudah bisa mencetak laba bersih.

“Kami merupakan perusahaan asuransi jiwa yang termasuk tercepat dalam mencetak laba bersih karena memang karakteristik dari perusahaan asuransi jiwa itu biasanya 8 sampai 10 tahun pertama akan mengalami kerugian,” terang Hengky.

Tak berhenti di sana, tren positif kenaikan pendapatan premi dan laba bersih terus Ciputra Life tunjukkan pada kinerja Semester-I 2024, di mana mereka berhasil membukukan total pendapatan premi sebesar Rp295,1 miliar atau tumbuh 46 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Laba komprehensif mereka juga terbang 127 persen dari Rp4,78 miliar pada semester awal 2023, menjadi Rp10,85 miliar di Semester-I 2024.

“Di tengah gejolak tekanan pasar maupun obligasi, Ciputra Life berhasil membukukan laba komprehensif pada akhir Juni 2024 sebesar Rp10,85 miliar atau tumbuh sebesar 127 persen dibandingkan Semester 1 tahun 2023,” ungkapnya.

Baca Juga: Buronan Justru Menang Gugatan, Bukti Ada Celah Hukum di Sektor Asuransi

Adapun sebagai bukti komitmen perusahaan untuk memberi layanan terbaik pada nasabah, Hengky bilang kalau pihaknya telah membayarkan klaim sebesar Rp63 miliar sepanjang 2023, di mana meningkat sebesar 18 persen dibandingkan 2022.

Perusahaan asuransi jiwa itu juga selalu menjaga rasio kecukupan modal yang kuat tercermin dalam pencapaian Risk-Based Capital Ratio (RBC) sebesar 262 persen pada akhir 2023. 

Angka ini jauh di atas ketentuan minimum yang ditentukan regulator sebesar 120 persen sehingga dapat jadi bekal yang baik untuk perusahaan tersebut bertumbuh dan mengembangkan bisnisnya.

Dalam rangka memberikan layanan dan menjangkau segmen pasar yang lebih luas, PT Asuransi Ciputra Indonesia (Ciputra Life) resmi luncurkan produk baru bertajuk Ciputra Medical Insurance pada 14 Agustus 2024.

Direktur Ciputra Life Listianawati Sugiyanto menyebut bahwa produk baru ini merupakan layanan asuransi kesehatan yang ditujukkan kepada perusahaan untuk memastikan perlindungan kesehatan bagi para pekerjanya.

“Hari ini Ciputra Life secara resmi meluncurkan produk Ciputra Medical Insurance, yaitu asuransi kesehatan kumpulan sebagai solusi bagi perusahaan dalam memastikan perlindungan kesehatan yang terbaik bagi seluruh karyawannya dan amankan masa depan perusahaan,” ujar Listi.

Listi menjelaskan kalau Ciputra Medical Insurance memiliki perlindungan kesehatan menyeluruh yang dapat dinikmati para pekerja selama 24 jam, di mana mencakup perlindungan rawat inap termasuk tindak pembedahan dan kemoterapi; rawat jalan; rawat gigi; rawat bersalin; dan pembuatan kacamata.

Asuransi kesehatan ini juga memiliki fleksibilitas dalam layanannya sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan anggaran perusahaan. 

“Benefit-nya sangat fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dengan minimum hanya 25 peserta,” ucapnya.

Selain itu, Listi bilang kalau asuransi ini turut memberi kemudahan pada proses administrasi kesehatan karyawan dan proses monitoring serta controlling biaya kesehatan.

Ini karena Ciputra menyediakan layanan mobile application, web portal client, dan telemedicine yang dapat diakses langsung oleh para Human Capital perusahaan.

Jika mengalami kesulitan, Listi menegaskan kalau pihaknya telah menyediakan customer care yang beroperasi 24 jam yang dapat dihubungi baik melalui hotline call maupun WhatsApp.

“Ciputra Medical Insurance sejalan dengan visi Ciputra Life untuk membangun masa depan yang lebih baik. Kami berkomitmen untuk melakukan inovasi dalam meningkatkan produk, layanan berkualitas, serta memberikan nilai tambah bagi nasabah. Baik nasabah individu maupun nasabah korporasi,” tutupnya.

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #ciputra #life #catatkan #pendapatan #premi #miliar #2023

KOMENTAR