Emiten WIFI Cetak Laba Bersih Rp89,9 Miliar di Semester I 2024
Ilustrasi. PT Solusi Sinergi Digital Tbk (Surge) dengan kode emiten WIFI mencatatkan laba bersih sebesar Rp89,9 miliar pada semester pertama tahun 2024.
12:11
1 Agustus 2024

Emiten WIFI Cetak Laba Bersih Rp89,9 Miliar di Semester I 2024

PT Solusi Sinergi Digital Tbk (Surge) dengan kode emiten WIFI mencatatkan laba bersih sebesar Rp89,9 miliar pada semester pertama tahun 2024.

Mengutip laporan keuangan Perseroan untuk periode yang berakhir 30 Juni 2024, total aset WIFI mengalami peningkatan 37,2% dari Rp1,56 triliun pada akhir tahun 2023 menjadi Rp2,14 triliun pada semester I 2024.

Sementara itu, ekuitas Perseroan juga mengalami peningkatan sebesar 12,2 % dari Rp742,65 miliar pada akhir tahun 2023 menjadi Rp833,53 miliar pada triwulan II 2024. Perseroan mencatat pendapatan bersih pada semester I 2024 sebesar Rp309,01 miliar dimana mengalami kenaikan sebesar 40.1 % jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp220,52 miliar.

Alhasil laba bersih Perseroan pun meningkat cukup menjadi sebesar Rp89.9 miliar pada semester I 2024 meningkat 878.5 % jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp9,18 miliar. Adapun Pendapatan bersih dan Laba bersih Perseroan dikontribusikan dari segmen bisnis Telekomunikasi dan segmen bisnis Periklanan.

Baca Juga: Bank Mandiri Cetak Laba Bersih Rp 5,7 Triliun di Paruh Pertama 2024

Direktur PT Solusi Sinergi Digital Tbk, Gilman Nugraha mengungkapkan rasa syukurnya karena Perseroan terus konsisten menunjukkan kinerja terbaiknya yang tercermin pada peningkatan pendapatan bersih pada berbagai segmen bisnis dan kinerja laba yang terus meningkat.

"Hasil ini merupakan buah dari inisiatif strategis, kerja keras, dan komitmen kami untuk memberikan nilai tambah bagi para stakeholder," kata Gilman dalam keterangannya dikutip Kamis (1/8/2024).

Oleh karenanya. Perseroan terus menerus bertransformasi menjadi perusahaan teknologi yang handal dan berdaya saing tinggi. "Ke depan kami harapkan dapat meningkatkan kinerja kami secara konsisten dalam mencapai visi dan misi kami untuk memberikan layanan internet yang handal dan terjangkau bagi seluruh masyarakat," paparnya.

Dikatakan dia, Surge akan terus berfokus melakukan ekspansi pada segmen infrastruktur telekomunikasi dan mengembangkan ekosistem digital di Indonesia. Perseroan juga telah mempersiapkan diri dalam menghadapi potensi lonjakan kebutuhan konektivitas di masa yang akan datang. Perseroan telah mengoperasikan 7.000 km infrastruktur backbone serat optik berkapasitas besar di sepanjang jalur kereta serta jalur lainnya di Pulau Jawa.

Perseroan juga telah berinvestasi pada penyediaan bandwidth berkapasitas besar hingga 64.000 Gbps. Dan dalam mendukung aktivitas Cloud Computing ke depan, Perseroan juga telah membangun dan mengoperasikan 58 Edge Data Center (EDC) yang tersebar di berbagai kota di Pulau Jawa, yang masih dapat ditingkatkan hingga 592 lokasi di Pulau Jawa.

Baca Juga: BCA Syariah Cetak Laba Bersih Rp 89,4 Miliar di Semester I-2024

Saat ini Edge Data Center Perseroan juga telah digunakan para ISP untuk colocation dan solusi Content Delivery Network (CDN) bagi para Cloud Provider.

Seperti yang diketahui Pertamina Gas Negara telah resmi menggandeng Surge (WIFI) beserta anak usahanya PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave) dalam Pengembangan Jaringan Pipa Gas dan Penyediaan Layanan ICT untuk Sektor Rumah Tangga dan Komersial bagi 2,5 juta rumah tangga. Kedua
belah pihak telah secara resmi menandatangani Key Term Sheet yang merupakan pokok-pokok Perjanjian Kerjasama.

Saat ini Perseroan telah memulai pengerjaan di beberapa wilayah yang menjadi target bersama. Dengan kerjasama ini diharapkan dapat mempercepat ekspansi jargas dan memberikan nilai tambah atas layanan jaringan gas kepada calon pelanggan yaitu berupa layanan berlangganan internet yang terjangkau sehingga dapat meningkatkan nilai keekonomian proyek jargas.

Perseroan juga telah menyelesaikan tahap pertama pembangunan 200 Ribu homepass untuk ISP (Internet Service Provider) lokal. Pencapaian ini menjadi tonggak penting bagi IJE dalam memperluas jaringan infrastrukturnya di seluruh daerah. Dengan rampungnya pembangunan homepass tersebut diharapkan berdampak besar dan positif bagi pendapatan Perseroan ke depan.

Perseroan juga tengah merampungkan kerjasama dengan operator dalam membangun 1 juta homepass sambungan internet tetap (Fixed Broadband). Perseroan juga telah menjalin kemitraan strategis dengan Qualcomm Technologies, Inc sejak tahun 2023 untuk mengembangkan ekosistem 5G di Indonesia melalui pengembangan perangkat yang didukung teknologi terbaru Qualcomm, yang bertujuan untuk menghasilkan konektivitas yang terjangkau ke seluruh masyarakat.

"Kolaborasi dengan berbagai pihak strategis ini menjadi fokus Perseroan dalam mempercepat pencapaian visi Perseroan," kata Gilman.

Dan yang terbaru, Perseroan juga secara resmi telah menandatangani Memorandum of Understanding dengan Arsari Group, dimana Arsari Group berminat untuk berinvestasi pada anak usaha SURGE (WIFI) untuk mempercepat pengembangan infrastruktur dalam memberikan layanan konektivitas kepada masyakarakat luas yang mentargetkan 25 juta rumah tangga di Pulau Jawa.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #emiten #wifi #cetak #laba #bersih #rp899 #miliar #semester #2024

KOMENTAR