Update Daftar Negara Terbaru yang Bisa Gunakan QRIS, Korsel Salah Satunya
Ilustrasi transaksi dengan QRIS. [Envanto]
12:41
17 Juli 2024

Update Daftar Negara Terbaru yang Bisa Gunakan QRIS, Korsel Salah Satunya

Kabar baik bagi para pelancong yang hobi berpergian ke luar negeri. Kini transaksi lebih mudah karena Korea Selatan masuk dalam daftar terbaru negara yang bisa gunakan QRIS. Tren positif ini menunjang animo warga Indonesia melancong ke Negeri Ginseng setelah budaya populer Korea Selatan menjadi tren di seluruh dunia. Dengan demikian, pemakaian QRIS kini bisa dilakukan di empat negara sebagai berikut seperto dikutip dari website ATM Bersama.

1. Korea Selatan

Pemakaian QRIS di Korea Selatan merupakan hasil MoU antara Bank Indonesia (BI) dan Bank of Korea (BoK) yang ditandatangani di Malaysia, Senin (15/7/2024) kemarin. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Gubernur BoK Ree Chang-yong.

Sebelum implementasi dilaksanakan secara penuh, BI dan BoK sepakat akan melakukan tahap uji coba terlebih dahulu sebelum transaksi antarnegara bisa dilakukan secara penuh. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan ekonomi kedua negara.

Baca Juga: Desa Pintar Pertama di Maluku, Rutong Tingkatkan Ekonomi dengan Platform Digital

2. Thailand

Thailand merupakan salah satu negara yang bekerja sama dengan Indonesia dalam memberlakukan metode pembayaran QRIS antarnegara. Kerja sama ini mulai diterapkan pada tanggal 17 Agustus 2021 yang penerapannya melibatkan 76 penyedia jasa sistem pembayaran baik dari pihak Indonesia dan Thailand.

3. Malaysia

Malaysia merupakan salah satu negara ASEAN yang telah menjalin kerja sama dalam memberlakukan metode pembayaran dengan QRIS . Kerja sama ini secara resmi diluncurkan pada 8 Mei 2023. Saat ini, wisatawan Indonesia dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan QRIS di Malaysia. Begitu juga sebaliknya, wisatawan Malaysia juga bisa melakukan transaksi di Indonesia dengan cukup menemukan logo QRIS di merchant-merchant yang ada di Indonesia dan scan QR-nya untuk melakukan transaksi.

4. Singapura

Baca Juga: Bocil Korea Selatan Tebak Profesi Billie Eilish, Jawabannya Bikin Gemas

Bersamaan dengan dua negara ASEAN sebelumnya, Singapura juga merupakan negara yang telah menjalin kerja sama dengan Indonesia untuk memberlakukan QRIS antarnegara yang diresmikan pada perhelatan Singapore Fintech Festival (SFF), 17 November 2023. Kerja sama ini juga berada di bawah arahan dari Bank Indonesia dan Monetary Authority of Singapore (MAS), juga termasuk Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), RAJA (Rintis, Artajasa, Jalin, dan Alto), dan NETS.

Di samping empat negara tersebut, QRIS akan dikembangkan ke satu negara ASEAN lainnya yakni Filipina. Kerja sama ini merupakan hasil kesepakatan bersama 5 negara ASEAN yaitu Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #update #daftar #negara #terbaru #yang #bisa #gunakan #qris #korsel #salah #satunya

KOMENTAR