Tiba Akhir Juli, Kereta Tanpa Rel Segera Mejeng di IKN
Ilustrasi autonomous rail transit (ART) di IKN. [Ist]
08:57
15 Juli 2024

Tiba Akhir Juli, Kereta Tanpa Rel Segera Mejeng di IKN

Transportasi canggih bakal mejeng di Ibu Kota Nusantara (IKN), salah satunya Kereta tanpa rel atau u autonomous rapid transit (ART). Rencananya, rangkaian gerbong ART tersebut bakal tiba di Indonesia pada akhir bulan Juli ini.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, ART memang salah satu yang dipersiapkan untuk transportasi para warga di IKN.

"Kita mempersiapkan ART yang akhir bulan ini trainset-nya datang," ujarnya di Jakarta yang dikutip, Senin (15/7/2024).

Kekinian, Menhub bersama Kementerian PUPR juga terus membangun jalur ART di IKN. Menurut diam pembangunan ART ini berjalan sesuai jadwal.

Baca Juga: Jokowi Tanya Kesiapan IKN? PUPR Jelaskan Sumber Air Bersih

"Kami bersama-sama PU mempersiapkan line yang sudah dibuat, tentu dengan beberapa teknis seperti pembangunan marka dan sebagainya. Sejauh ini timetable sudah berjalan dengan baik," ucap dia.

Adapun, sebelumnya, Menhub menyebut, uji coba kereta otonom tanpa rel yang akan segera dilakukan bulan depan, yakni pada Agustus 2024.

"Satu lagi yang mungkin ikonik adalah ART. Ini adalah salah satu teknologi kereta api tanpa menggunakan rel. Dengan marka dan magnet saja transportasi tersebut menggunakan baterai serta pada Agustus sudah mulai dilakukan uji coba," imbuh Budi Karya. 

Untuk diketahui, ART adalah transportasi umum seperti kereta yang terdiri dari tiga gerbong. ART ini mampu menampung sampai 300 orang dengan berkecapatan maksimum 70 km per jam, tidak menggunakan rel konvensional, kabel, roda besi, dan juga awak.

ARTI dikemudikan otomatis oleh sistem, jadi bentuknya menggunakan ban karet, dan beroperasi di jalan raya melalui lintasan virtual yang telah ditentukan sebelumnya.

Baca Juga: IKN Sambut HUT RI: Istana Negara, Hunian ASN dan Air Minum Siap

Nantinya di dalam kereta ada sensor yang berfungsi mengidentifikasi lintasan virtual di jalan dan memberi perintah melalui unit kendali pusat, sehingga mewujudkan pengemudian tanpa awak.

Ada pun sumber tenaga ART yakni berbasis listrik yang disalurkan melalui baterai. Setiap stasiun dilengkapi perangkat pengisian daya cepat.

Di sisi lain, Menhub menyebut pihaknya akan melakukan lelang yang sifatnya lebih permanen terkait ART itu pada Januari 2025.

Adapun, teknologi kereta tanpa rel yang akan diuji coba di IKN tersebut berasal dari negara China.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #tiba #akhir #juli #kereta #tanpa #segera #mejeng

KOMENTAR