Luhut Sebut Tiket Pesawat RI Termahal ke-2 di Dunia
Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri 'Microsoft Build: AI Day', pada Selasa (30/4/2024) di Jakarta Convention Center (JCC)/[Dok Humas Kemenkomarves].
14:32
11 Juli 2024

Luhut Sebut Tiket Pesawat RI Termahal ke-2 di Dunia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengeluhkan harga tiket pesawat di Indonesia yang tinggi. Dia pun memandang harga tiket pesawat di Indonesia merupakan salah satu yang termahal.

Menurut Luhut, tinggi harga pesawat ini sejalan dengan aktivitas penerbangan yang mulai pulih setelah masa pandemi.

"Harga tiket penerbangan yang cukup tinggi dikeluhkan oleh banyak orang akhir-akhir ini, penyebabnya karena aktivitas penerbangan global yang telah 90 persen pulih dibandingkan dengan situasi sebelum pandemi," ujarnya seperti dikutip dari instagram resminya @luhut.pandjaitan, Kamis (11/7/2024).

Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini melanjutkan, setidaknya hampir 5 miliar orang kini wara-wiri dengan menggunakan pesawat.

Baca Juga: Era Prabowo Bensin Akan Lenyap, Digantikan Ini

"Berdasarkan data IATA, pada 2024 akan ada 4,7 miliar penumpang global atau 200 juta penumpang lebih banyak daripada 2019," jelas dia.

Harga tiket pesawat RI, dianggap Luhut, menjadi yang termahal di Asia Tenggara dan termashal kedua setelah negara Brasil

"Dibandingkan dengan negara-negara ASEAN dan negara berpenduduk tinggi, harga tiket penerbangan Indonesia jadi yang termahal kedua setelah Brasil," imbuh dia.

Maka dari itu, Luhut akan merombak biaya operasional pesawat, sehingga harga tiket pesawat RI mulai berangsur turun.

"Kami menyiapkan beberapa langkah untuk efisiensi penerbangan dan penurunan harga tiket, misalnya evaluasi operasi biaya pesawat," pungkas dia.

Baca Juga: Siap-Siap Gigit Jari, Beli BBM Subsidi Dibatasi Mulai 17 Agustus

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #luhut #sebut #tiket #pesawat #termahal #dunia

KOMENTAR