Aset Triliunan Tommy Soeharto Tak Laku-laku Dilelang BLBI
Pengusaha nasional Hutomo Mandala Putra atau yang biasa dipanggil Tommy Soeharto di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Wajib Pajak Besar IV di Jakarta, Kamis (15/9).
18:40
5 Juli 2024

Aset Triliunan Tommy Soeharto Tak Laku-laku Dilelang BLBI

Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI) masih belum berhasil melelangkan aset-aset milik Tommy Soeharto, salah satu obligor BLBI.

Aset-aset tersebut, yang bernilai triliunan rupiah, telah berkali-kali ditawarkan dalam lelang namun tak kunjung menarik minat pembeli.

Salah satu aset yang paling disorot adalah tanah seluas 530.125 meter persegi di Karawang, Jawa Barat, yang dibanderol dengan harga Rp 2,06 triliun. Aset ini telah dilelang sebanyak tiga kali, namun selalu gagal karena tidak ada peminat.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sekaligus Ketua Satgas BLBI, Rionald Silaban, menyatakan bahwa pihaknya akan menggunakan pasal pendayagunaan untuk aset Tommy Soeharto.

Baca Juga: Baru Sita Aset Rp38,2 Triliun dari Target Rp110 Triliun, Masa Kerja Satgas BLBI Bakal Diperpanjang Lagi

"Kami akan menggunakan pasal pendayagunaan, sambil menunggu hasil lelang," kata Rionald kepada awak media di Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Pasal pendayagunaan yang dimaksud oleh Rio adalah Pasal 26 ayat 6 Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2022 tentang Pengurusan Piutang Negara oleh Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN).

Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa barang jaminan atau harta kekayaan lain yang telah disita dapat dilakukan pendayagunaan oleh PUPN dan hasilnya digunakan untuk mengurangi utang penanggung utang.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #aset #triliunan #tommy #soeharto #laku #laku #dilelang #blbi

KOMENTAR