Daftar Toko Ritel Modern yang Tumbang di Era Jokowi, Matahari Terbaru
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat mengunjungi Manado Town Square, Kamis (19/1/2023). (Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
10:21
4 Juli 2024

Daftar Toko Ritel Modern yang Tumbang di Era Jokowi, Matahari Terbaru

Fenomena penutupan toko ritel kian marak terjadi di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), terbaru Matahari Department Store mengumumkan penutupan sejumlah gerainya di Tanggerang, Banten.

Penutupan gerai Matahari ini bukan kali pertama terjadi, sebelumnya sejumlah toko ritel satu per satu resmi tutup akibat sepinya pengunjung.

Pada 2023 lalu, Transmart, salah satu peritel besar, telah menutup 12 gerainya. Tak hanya Transmart, beberapa gerai ritel modern lainnya seperti Giant, dan ACE Hardware juga bernasib sama.

Diketahui dunia ritel di Indonesia mengalami perubahan dinamis dalam beberapa tahun terakhir. Sejumlah toko ritel modern terpaksa menutup gerainya, baik permanen maupun sementara. Kondisi ini terjadi akibat Pandemi Covid-19 yang terjadi.

Baca Juga: Jokowi Effect Bakal Jadi Variabel Kunci di Pilgub Jateng

Berikut beberapa toko ritel modern yang menutup gerainya di Indonesia:

Transmart: Pada Februari 2023, Transmart menutup 7 dari 95 gerainya di Indonesia.

Giant: Seluruh gerai Giant di Indonesia resmi ditutup pada Juli 2021.

Matahari Department Store: Sejak 2020, Matahari menutup beberapa gerainya, termasuk di Lippo PLZ Mal Yogya, Lippo Mal Kuta, dan GTC TC Makassar.

ACE Hardware: Pada Desember 2021, ACE Hardware menutup 2 gerainya di Pasaraya Blok M dan Marvel City Mall Surabaya.

Baca Juga: Om Hao Bongkar Khodam Kuat Jokowi dari Ratu Nusantara: Pelantikan Diarak 7 Kuda Putih

Centro Department Store: Centro gulung tikar pada 2021 setelah proposal perdamaiannya ditolak kreditur.

Kinokuniya: Toko buku Kinokuniya di Plaza Senayan tutup pada April 2021, menyusul penutupan Kinokuniya Pondok Indah Mall 2 di 2018.

Golden Truly: Pusat perbelanjaan yang berlokasi di Jl. Gn Sahari, Kemayoran, Jakarta Pusat itu resmi ditutup pada Desember 2020. Informasi penutupan juga diunggah melalui akun Instagramnya @goldentruly.

Gramedia: Salah satu toko buku terbesar di Indonesia juga turut terdampak akibat pandemi Covid-19. PT Gramedia Asri Media memutuskan tak memperpanjang masa sewanya di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat yang habis pada Oktober 2020, setelah beroperasi selama 15 tahun. Penutupan gerai juga terjadi di Jl. Padjajaran Bogor pada awal Mei 2021. 

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #daftar #toko #ritel #modern #yang #tumbang #jokowi #matahari #terbaru

KOMENTAR