Komoditas Durian Picu Kebangkitan Ekonomi, Pemprov Sulteng Hadiri Rakor Kemenko Marves
Durian Indonesia yang siap berjaya di Tiongkok. Sebagai ilustrasi [Pixabay/Thruthseeker08].
15:03
2 Juli 2024

Komoditas Durian Picu Kebangkitan Ekonomi, Pemprov Sulteng Hadiri Rakor Kemenko Marves

Paruh bulan lalu, pada Rabu (12/6/2024), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan jumpa Chairman of National Development and Reform Commission (NDRC) Zheng Shanjie di Beijing, Tiongkok. Salah satu hasil pembicaraannya adalah Tiongkok akan mengimpor durian senilai 7-8 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekira Rp 115 - Rp 131,5 triliun.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi, Nelson Metubun, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sulawesi Tenggara di Palu pada Selasa (2/7/2024) menyatakan seputar rapat koordinasi rencana ekspor durian ke Tiongkok.

Kekinian, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) mengikuti rapat koordinasi percepatan pemenuhan protokol ekspor durian ke Tiongkok bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) RI di Jakarta.

"Dengan dibukanya keran ekspor langsung ke China, menjadikan komoditas durian dapat menjadi pemicu kebangkitan ekonomi, khususnya sektor tanaman pangan dan hortikultura di Provinsi Sulawesi Tengah," jelas Nelson Metubun.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan RI Luhut Binsar Pandjaitan memimpin rakor langsung, sebagai tindak lanjut kunjungan kerja Menko Marves ke Republik Rakyat Tiongkok pada Rabu (12/6/2024).

Baca Juga: Selamat Ulang Tahun Elon Musk: Usia 12 Tahun Sudah Mulai Bisnis Perdana

Nelson Metubun menambahkan bahwa kesempatan ini wajib dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian Provinsi Sulteng dan memasok buah durian ke pasar ekspor.

Dalam rapat koordinasi itu Nelson Metubun menyampaikan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng atas dukungan penuh dalam mewujudkan pembangunan menuju Sulteng lebih maju dan sejahtera.

Menindaklanjuti rakor, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sulawesi Tenggara akan mengundang Dinas TPH kabupaten/kota untuk melakukan sinkronisasi data luasan dan jumlah pemilik atau anggota kelompok tani pengelola durian se-Sulteng.

Juga menghadirkan narasumber dari Menko Marves, Badan Karantina Nasional, Badan Pangan Nasional (Bapanas), serta Kementerian Pertanian untuk memperoleh data real potensi durian dan langkah-langkah teknis lainnya.

"Ada pun hasil dari pertemuan yang pertama, ekspor durian langsung ke Tiongkok tahun ini terwujud di mana daerah yang menjadi pionir atau awal mulanya adalah Kabupaten Parigi Moutong dan Poso Provinsi Sulawesi Tengah," tandas Nelson Metubun.

Tim Lintas Kementerian dalam waktu dekat akan berkunjung langsung ke Kabupaten Poso dan Parigi Moutong. Untuk menyimak budidaya durian yang sudah berjalan.

Luasan lahan terekam di Indonesia sekitar 400 hektare dan 250 hektare berada di Kabupaten Poso dan Parimo. Dua varietas durian Indonesia yang laku keras di Tiongkok adalah durian montong dan super tembaga.

Lewat rakor ini, Nelson Metubun berharap Provinsi Sulteng bisa mengambil kesempatan untuk terus mengembangkan komoditas durian. Serta memasok ke pasar ekspor karena sangat diminati oleh pasar.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #komoditas #durian #picu #kebangkitan #ekonomi #pemprov #sulteng #hadiri #rakor #kemenko #marves

KOMENTAR