Berpacu dengan Waktu, BUMN Kebut Penyelesaian Proyek IKN untuk HUT RI
Erick Thohir di IKN [Antara/Kementerian BUMN]
20:39
30 Juni 2024

Berpacu dengan Waktu, BUMN Kebut Penyelesaian Proyek IKN untuk HUT RI

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan optimisme dalam menyelesaikan fasilitas penunjang untuk perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Dengan waktu sekitar satu bulan tersisa, Erick yakin bahwa arahan Presiden Joko Widodo untuk menyelesaikan lapangan upacara dan Istana Negara tepat waktu akan tercapai.

"HUT Kemerdekaan yang pertama di IKN akan menjadi kebanggaan bagi Bangsa Indonesia dengan kehadiran tamu-tamu dari dalam dan luar negeri," ujar Erick dalam keterangan resminya di Bandung pada hari Minggu (30/6/2024).

Saat ini, proyek lapangan upacara dan Istana Negara yang dilakukan dengan kerja sama operasional (KSO) antara PT PP (Persero) dan PT Wijaya Karya (Persero) telah mencapai progres 77,9 persen, melebihi target sebelumnya yang sebesar 73 persen.

Fasilitas yang sudah dibangun antara lain area plaza tamu agung, lapangan upacara, area lobi, dan area kolom 34 pilar. Bagian interior seperti ruang kredensial, ruang bendera pusaka, dan ruang kegiatan resmi juga hampir rampung untuk menyambut kedatangan tamu dari dalam dan luar negeri.

Baca Juga: Timnas Indonesia Satu Grup dengan Raja Asia, Erick Thohir: Kita Lawan!

Novel Arsyad, sebagai Direktur Utama PT PP, mengungkapkan keyakinan perusahaannya dalam menyelesaikan proyek-proyek yang diberikan, terutama terkait lapangan upacara dan Istana Negara, agar siap digunakan pada perayaan hari kemerdekaan. PT PP selalu mengutamakan keamanan dan kualitas dalam setiap pekerjaan yang dilakukan.

Sementara itu, PT Waskita Karya (Persero) Tbk., yang bertanggung jawab atas pembangunan Gedung Sekretaris Presiden serta beberapa proyek Kementerian Koordinator, juga mencatat kemajuan signifikan. Progres pembangunan gedung Sekretariat Presiden mencapai 91,12 persen, sementara Kementerian Koordinator 3 (politik dan keamanan) dan Kementerian Koordinator 4 (pembangunan manusia dan kebudayaan) masing-masing mencapai 80,14 persen dan 85,22 persen.

Muhammad Hanugroho, selaku Direktur Utama PT Waskita Karya, optimis bahwa proyek-proyek tersebut akan selesai tepat waktu pada tahun 2024. Perusahaan berkomitmen untuk terus mendukung pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan di Indonesia.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #berpacu #dengan #waktu #bumn #kebut #penyelesaian #proyek #untuk

KOMENTAR