DAK Kemenparekraf Rp 2,5 M untuk Plaza Pengunjung Gardu Pandang Kaliurang
Pintu masuk menuju komplek wisata Kaliurang di lereng Gunung Merapi, Sleman. Sebagai ilustrasi [@kaliurang_jogja / Instagram]
10:09
14 Juni 2024

DAK Kemenparekraf Rp 2,5 M untuk Plaza Pengunjung Gardu Pandang Kaliurang

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan sosialisasi terkait proyek pembangunan Plaza Pengunjung Gardu Pandang di Gardu Pandang Kaliurang, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dikutip dari kantor berita Antara, sosialisasi dilakukan pada Kamis (13/6/2024) yang melibatkan tim perencana, pelaksana dan pengawas, Pemerintah Kalurahan Hargobinangun, SAR Kaliurang, Pospol Kaliurang serta tokoh-tokoh masyarakat dan perwakilan pedagang di kawasan Gardu Pandang Kaliurang.

Ishadi Zayid, Kepala Dispar Sleman di Sleman, pada Jumat (14/6/2024) menyatakan bahwa pengerjaan Plaza Pengunjung rampung sekira Oktober 2024.

Di saat itu, kawasan Gardu Pandang Kaliurang sudah bisa dibuka kembali secara penuh untuk dikunjungi wisatawan.

Baca Juga: Satu Abad Kulit Garut Tampilkan IKM, Bawa Ciri Khas Daerah

"Diharapkan dengan adanya penambahan fasilitas Plaza Pengunjung akan lebih ramai dan lebih banyak lagi pengunjung atau wisatawan yang berdatangan, dikarenakan akan lebih banyak lagi alternatif sarana publik yang bisa dinikmati oleh wisatawan," jelas Ishadi Zayid.

"Pembangunan Plaza Pengunjung dan penataan ini diharapkan dapat semakin menambah daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung," lanjutnya tentang wahana baru berupa Plaza Pengunjung di kawasan destinasi wisata Gardu Pandang Merapi, Kaliurang.

"Plaza Pengunjung Gardu Pandang Kaliurang terbagi atas empat zona yang nantinya akan menjadi daya tarik tambahan di Kawasan Gardu Pandang Kaliurang," ungkap Ishadi Zayid.

Pembangunan plaza pengunjung ini berasal dari program Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 2,5 miliar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Selama pengerjaan plaza pengunjung, wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Gardu Pandang Kaliurang tentu sedikit banyak terganggu dan merasa kurang nyaman. Meski pun demikian kami tidak akan menutup kawasan secara total selama masa pengerjaan, akan tetapi hanya menutup secara terbatas," jelasnya.

Baca Juga: Intip Bisnis Ko Apex, Kekasih Dinar Candy yang Terseret Kasus Pemalsuan Dokumen

Dalam kondisi pengerjaan plaza, wisatawan masih bisa masuk ke kawasan Gardu Pandang Merapi serta menikmati pemandangan dengan berbagai fasilitas publik yang ada.

"Upaya ini dilakukan mengingat kawasan Gardu Pandang dinilai cukup luas dan masih memungkinkan untuk dikunjungi, khususnya di kawasan sisi selatan yang juga berupa taman-taman dengan pemandangan yang cukup bagus," tukas Ishadi Zayid.

Hanya, sebagian kawasan di sisi Utara yang selama ini digunakan bagi penyelenggaraan acara atau kegiatan dan pentas-pentas seni untuk sementara waktu ditutup.

"Atas ketidak-nyamanan yang timbul akibat proses pengerjaan Plaza Pengunjung, termasuk adanya lalu-lalang kendaraan proyek, kami meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat umum khususnya pengunjung Gardu Pandang Kaliurang dan pihak-pihak terkait," pungkas Ishadi Zayid.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #kemenparekraf #untuk #plaza #pengunjung #gardu #pandang #kaliurang

KOMENTAR